26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Buka Bimbingan Teknis Da’i/Ustadz/Ustadzah

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Bimbingan Teknis bagi Da’i/Ustadz/Ustadzah Se Kabupaten Sukoharjo Tahun 2023. Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut dilaksanakan di Hotel Tosan, Solo Baru, Kecamatan Grogol, Rabu (6/12/2023).

“Mengawali sambutan ini saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini,” kata Bupati.

Bupati melanjutkan, Islam adalah agama dakwah yaitu agama yang mengajak dan memerintahkan umatnya untuk selalu menyebarkan dan menyiarkan ajaran Islam kepada seluruh umat manusia. Seiring perkembangan zaman, Dakwah Islam mengalami persoalan yang kompleks terkait dengan masalah kehidupan.

“Pada dasarnya Agama Islam mampu menjawab segala persoalan yang dihadapi Umat Islam itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya,hHal itu tergantung dari para da’i/ustadz/ustadzah, tentang sejauh mana wawasan dalam melihat realita yang ada. Sehingga perlu adanya da’i/ustadz/ustadzah yang mampu memiliki peta dakwah terhadap obyek dakwah terkait dengan problematika, budaya, dan karakter yang berbeda-beda.

Da’i/ustadz/ustadzah harus mampu tampil prima sebagai pribadi-pribadi yang mencerahkan di dalam kehidupan bermasyarakat. Para da’i/ustadz/ustadzah harus dapat memahami perannya sebagai komunikator, konselor, problem solver, manajer, dan entrepreneur. Dengan demikian proses Dakwah Islamiyah mampu menjadi proses perubahan sosial melalui komunikasi. Sehingga akan tercipta masyarakat yang kuat dalam aspek aqidah, akhlak, ibadah dan mu’amalah.

“Untuk itu sekali lagi saya sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat menyatukan langkah dan persepsi bagi para da’i/ustadz/ustadzah dalam menyebarkan syiar Islam di Kabupaten Sukoharjo sehingga akan dapat mewujudkan kehidupan umat yang aman, damai, rukun dan toleran di Kabupaten Sukoharjo,” tambahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru