22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Hadiri Jambore Kader Kesehatan ke XVI, Bupati: Ada Lima Strategi Wujudkan Sukoharjo Sehat

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menghadiri acara Jambore Kader Kesehatan Ke XVI Tahun 2024, Selasa (9/7/2024). Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan terdapat lima strategi untuk mewujudkan Sukoharjo sehat.

Bupati menyampaikan, permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat.

“Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus terhadap upaya kesehatan diutamakan pada upaya promotif dan preventif dalam menumbuh kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Menurutnya, langkah yang diambil Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Kabupaten Sukoharjo Sehat adalah dengan ditetapkannya lima strategi:
1. Peningkatan sarana prasarana dan jenis layanan kesehatan.
2. Menurunkan prevalensi balita gizi kurang dan gizi buruk, dengan melibatkan lintas program, lintas sektor dan pemberdayaan kader kesehatan di desa bersama masyarakat.
3. Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di seluruh tatanan institusi melalui advokasi, bina swasana dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan peran pemerintah, dunia usaha dalam pembangunan Kesehatan.
4. Menurunkan angka kesakitan dan kematian Penyakit menular dan tidak menular melalui kompetensi tenaga kesehatan, kerjasama lintas program, lintas sektor dan peran serta masyarakat.
5. Melaksanakan manajemen pengelolaan pemerintah dibidang kesehatan yang efektif dan efisien.

Selain itu, lanjut Bupati, terdapat enam 6 Pilar Transformasi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif mandiri dan berkeadilan yaitu
1. Transformasi Layanan Primer
2. Transformasi Layanan Rujukan
3. Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan
4. Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan
5. Transformasi SDM Kesehatan
6. Transformasi Tehnologi Kesehatan

“Saat ini Kementerian Kesehatan berfokus pada Transformasi Layanan Primer yang Menjalankan Kebijakan Kesehatan masyarakat dalam Era Integrasi Layanan Primer yang melayani seluruh siklus hidup. Posyandu merupakan salah satu wadah dalam melaksanakan strategi dalam meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakat,” terangnya.

Bupati mengatakan, keberlangsungan Posyandu tidak lepas dari keberadaan kader, kader Posyandu yang memiliki kecakapan dan keterampilan yang memadai tentunya dapat mengembangkan pelayanan Posyandu sesuai standar, sehingga Posyandu dapat diminati oleh semua kelompok usia yang ada di masyarakat.

“Jambore kader ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo yang ke-78 dan merupakan salah satu sarana pembinaan, apresiasi dan penghargaan kepada kader, karena kader merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan di tengah masyarakat,” kata Bupati.

“Pada kesempatan kali ini saya mengajak Semua Kader Kesehatan untuk bangkit dan maju bersama menyehatkan masyarakat, dan memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat dan ikut menyukseskan Integrasi Layanan Primer di Kabupaten Sukoharjo,” tambahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru