26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Percepatan Penurunan Angka Stunting, Bupati Sukoharjo Galakkan Program Dapur Sehat

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Kamis(25/1/2024). Program Dashat merupakan upaya Pemkab Sukoharjo untuk percepatan penurunan angka stunting. Pasalnya, hingga saat ini angka stunting di Kabupaten Sukoharjo masih 7,05%.

“Program Dashat ini merupakan upaya Pemkab Sukoharjo untuk percepatan penanganan stunting,” ungkap Bupati.

Menurutnya, stunting menjadi permasalahan yang harus ditanggulangi secara terpadu dan terintegrasi melalui kolaborasi semua pihak, pemerintah, pengusaha swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat dan yang paling berperan adalah dimulai dari lingkungan keluarga. Menurutnya, masyarakat sebagai individu atau pribadi, dengan membangun ketahanan keluarga secara utuh di berbagai bidang seperti penanganan gizi, kualitas sanitasi dan kualitas lingkungan.

Terkait program Dashat, Bupati mengaku merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu meyusui dan ibu yang memiliki anak usia bawah dua tahun/ bawah lima tahun stunting terutama dari keluarga kurang mampu.

Kegiatan Dashat sendiri mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui dan bawah dua tahun. Dalam hal ini masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa dan bergizi. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru