22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Desa Mayang Bangun Tempat Transit Sampah, Diresmikan Bupati

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meresmikan Tempat Transit Sampah “Ngudi Resik” di Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Kamis (25/1/2024). Bupati berharap pembangunan tempat transit sampah tersebut bisa dicontoh desa lain.

“Ini patut diapresiasi karena di tempat ini sampah dipilah sebelum sampah yang tidak terpakai dibuang ke TPA Mojo,” ungkap Bupati.

Dengan dibangunnya tempat transit sampah tersebut diharapkan mampu mengatasi masalah sampah khususnya di Desa Mayang, Kecamatan Gatak.

“Nantinya, sampah-sampah dari masyarakat dikumpulkan disini dan dipilah. Jadi dilakukan 3R, yakni “reuse, reduce, dan recycle”,” ujar Bupati.

Sampah yang bisa didaur ulang dikumpulkan dan diolah menjadi barang yang berguna kembali. Tentunya, dibutuhkan inovasi dalam melakukan proses daur ulang tersebut dan diharapkan memiliki nilai ekonomi.

“Harapannya, sampah yang bisa digunakan atau ada ada nilai uangnya bisa digunakan untuk membiayai tempat transit sampah dan syukur-syukur bisa memberikan penghasilan untuk pengelolanya,” ujarnya.

“Untuk sampah yang tidak bisa digunakan barulah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir di Mojo,” sambung Bupati.

Bupati juga mengatakan, lahan di TPA Mojo sangat terbatas sehingga proses pemilahan sampah sangat penting agar TPA Mojo tidak “overload” sampah. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru