31.3 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bupati Buka Sukoharjo Job Fair 2024 di GP3D

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Sukoharjo Job Fair 2024 di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D), Rabu (10/7/2024) malam. Sukoharjo Job Fair digelar selama dua hari, 11-12 Juli 2024.

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan, masalah ketenagakerjaan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukoharjo merupakan masalah bersama. Bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah saja untuk menyelesaikannya, namun diperlukan peran aktif masyarakat baik dari berbagai pihak.

“Bisa pihak pemberi kerja/perusahaan, para pengusaha, ataupun para pencari kerja, serta stake holder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di SMK-SMK dan Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS),” ujarnya.

Dikatakan Bupati, selama ini berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam mengatasi pengangguran. Namun demikian, masalah tersebut belum dapat tertangani secara keseluruhan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Laju peningkatan kesempatan kerja tidak sebanding dengan laju peningkatan pencari kerja. Kesempatan kerja yang tersediapun tidak semua dapat dimanfaatkan dengan optimal. Cukup banyak kesempatan kerja tidak dapat terpenuhi, karena berbagai hal antara seperti tidak tersampaikannya informasi lowongan kerja dari pengguna tenaga kerja kepada pencari kerja dan pencari kerja belum mempunyai ketrampilan sesuai kebutuhan pasar.

“Guna mengatasi permasalahan tersebut serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pencari kerja, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menyelenggarakan Kegiatan “Sukoharjo Job Fair 2024” ini,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, keerhasilan penyelenggaraan Job Fair tidak diukur dari banyaknya jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan dan banyaknya pencari kerja yang mendaftar, tetapi lebih pada banyaknya jumlah pencari kerja yang berhasil ditempatkan, karena muara dari seluruh proses Kegiatan Job Fair ini pada akhirnya adalah penempatan tenaga kerja.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo, Sumarno, menambahkan, Sukoharjo Job Fair 2024 diikuti 40 stan perusahaan di Sukoharjo dan sekitarnya. Menurutnya, tersapat sekitar 2.500 lowongan pekerjaan yang disiapkan.

“Selama hari pelaksanaan kami harap mampu menempatkan 1.500 tenaga kerja,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru