31.9 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Hadiri Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Peringatan HUT IDI

SUKOHARJO – Dalam rangka memperingati HUT Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-72 tahun 2022, IDI Sukoharjo menggelar kegiatan sosial donor darah, Rabu (26/10/2022). Kegiatan tersebut digelar di Aula RSUD Ir Soekarno dan dihadiri oleh Bupati Etik Suryani dan juga Wakil Bupatoi, Agus Santosa.

Dalam sabutannya Bupati mengatakan, profesi dokter diakui sebagai tenaga profesional di dalam bidang kesehatan yang bertanggung jawab dan akuntabel. IDI sebagai wadah para dokter harus siap mengoptimalkan peran dan kiprahnya untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan, khususnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Menurutnya, kesehatan merupakan dimensi penting yang menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa. Hal ini dikarenakan kesehatan memainkan peranan strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

“Untuk mewujudkan serta menunjang akselerasi pencapaian peran strategis tersebut maka dibentuklah Sistem Kesehatan Nasional (SKN) yang merupakan pilar dari Sistem Ketahanan Nasional, yang menjadi peta jalan dalam mewujudkan masyarakat sehat dengan derajat kesehatan setinggi-tingginya,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan, sebagai bagian SDM Kesehatan, dokter memiliki peran sentral dalam proses pembangunan kesehatan bangsa ini. Dokter adalah intelektual yang dalam menjalankan profesinya langsung berhadapan atau berada di tengah masyarakat, dibekali nilai profesi antara lain kemanusiaan, etika, dan kompetensi.

Sedangkan Ketua IDI Sukoharjo, Arief Budi Satria, mengatakan, bahwa peringatan HUT IDI Ke-72 tahun 2022 diselenggarakan bersama Pemkab Sukoharjo dengan menggelar donor darah dan pembagian paket sembako kepada warga kurang mampu. IDI Sukoharjo mengapresiasi penuh besarnya dukungan yang diberikan Pemkab Sukoharjo baik terhadap penyelenggaraan kegiatan ini sekaligus berkaitan dengan bidang kesehatan masyarakat. Termasuk juga kepada dokter dan tenaga kesehatan.

“IDI Sukoharjo hadir untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat dan Pemkab Sukoharjo sudah memberikan dukungan besar,” ujarnya.

Budi melanjutkan, untuk donor darah sendiri diikuti oleh dokter, tenaga kesehatan, anggota Polres Sukoharjo, dan masyarakat umum. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru