26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Bupati Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Bersih Desa Keboan Kelurahan Mandan

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menghadiri dan membuka acara Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Sutiyo dalam rangka Bersih Desa Kampung Kebon, Kelurahan Mandan. Acara tersebut digelar pada hari Sabtu (13/8/2022). Tutur hadir dari acara tersebut sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Sukoharjo.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, bersih desa merupakan upcara adat yang memiliki makna sangat besar bagi masyarakat. Selain sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah SWT dan perwujudan rasa solidaritas serta kegotong royongan antar sesama masyarakat.

“Kegiatan positif semacam ini perlu terus dijaga dan dilestarikan dimasa yang akan datang agar rasa kebersamaan dan kegotong royongan antar warga terus dapat terpelihara,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut dan berharap dengan kegiatan bersih dusun tersebut dapat memupuk rasa kebersamaan, persatuan, dan kesatuan antar warga. Harapannya, mampu menciptakan kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan harmonis.

Disisi lain, Bupati juga menyampaikan penghargaan pada masyarakat atas pagelaran wayang kulit tersebut. Hal itu membuktikan masyarakat peduli terhadap kelestaruan kesenian kebanggaan bangsa, yakni kesenian wayang kulit.

“Seperti kita ketahui, pewayangan merupakan suatu ensiklopedia yang hidup, tentang perilaku kehidupan manusia yang banyak mengandung falsafah hidup, etika, estetika, kesetiaan, pengabdian dan cinta tanah air,” kata Bupati.

Pakeliran ini, ujarnya, jangan hanya dilihat sebagai tontonan semata, namun juga harus dilihat sebagai tuntutan dan falsafah hidup sehingga mampu menjadi dasar dalam pengabdian kepada masyarakat dan bangsa. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru