26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Kukuhkan Dewan Pendidikan Sukoharjo Periode 2022-2027

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengukuhkan Dewan Pendidikan Kabupaten Sukoharjo periode 2022-2027. Pengukuhan dilakukan di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Kamis (20/10/2022. Dewan Pendidikan Sukoharjo sendiri terdiri beranggotakan 11 orang yang diketuai oleh Suripman.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan Dewan Pedidikan merupakan organisasi masyarakat pendidikan yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Dewan Pendidikan yang dibentuk dapat dikembangkan secara khas dan berakar dari budaya, demografis, ekologis, nilai kesepakatan, serta kepercayaan yang dibangun sesuai potensi daerah setempat.

“Atas dasar tersebut, Dewan Pendidikan yang dibangun harus merupakan pengembangan kekayaan filosofis masyarakat di daerah secara kolektif. Artinya, Dewan Pendidikan mengembangkan konsep yang berorientasi kepada pengguna (client model), berbagai kewenangan (power sharing and advocacy model) dan kemitraan (partnership model) yang difokuskan pada peningkatan mutu pelayanan pendidikan di daerah,” papar Bupati.

Menurutnya, Keberadaan Dewan Pendidikan harus bertumpu pada landasan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di daerah. Oleh karena itu, pembentukannya harus memperhatikan pembagian peran sesuai posisi dan otonomi yang ada.

Adapun peran yang dijalankan Dewan Pendidikan adalah pemberi pertimbangan (advisory body) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan, pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan, pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan, dan mediator antara pemerintah (eksekutif) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (legislatif) dengan masyarakat.

“Saya berharap, kepada Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sukoharjo Periode 2022-2027 yang baru saja dilantik, untuk segera berkoordinasi dan menyusun langkah-langkah strategis dan program kerja guna mewujudkan tujuan dan harapan organisasi,” pesan Bupati.

Sedangkan Ketua Dewan Pendidikan Sukoharjo, Suripman, menyampaikan jika dukungan dari PemKab Sukoharjo dan juga Bupati diharapkan akan menjadi motivasi tersendiri bagi Dewan Pendidikan dalam menjalankan tugas.

“Selama ini berkat bimbingan dan arahan dari Bupati, Dewan Pendidikan Sukoharjo bisa menjalankan tugas bersama mitra kerja dengan baik,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru