22.5 C
Sukoharjo
Saturday, July 13, 2024

Bupati Luncurkan Studio Digital Desa Cemani

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meluncurkan Studio Digital, Aplikasi Diapelinduk, Aplikasi Pasar Desa, dan Kolam Pancingan BUMDes Cemani Kecamatan Grogol. Peluncuran dilakukan Selasa (5/7/2022) malam dimana kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD, Wawan Pribadi.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, derasnya arus perkembangan teknologi informasi telah mengantar ke era disrupsi informasi, dimana sekat-sekat pembatas ruang dan waktu seolah-olah telah menghilang.
“Tentunya, hal ini membawa dampak yang positif dan negatif secara bersamaan. Semakin massifnya penggunaan internet sebagai media baru dalam penyebaran informasi, seolah menjadi angin segar atas akses informasi oleh masyarakat,” ungkap Bupati.

Menurutnya, era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut memberikan tantangan dalam pembangunan ekonomi desa. Desa harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi, dengan cara mengurangi kesenjangan digital.

Pengembangan desa dengan teknologi digital dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa, melalui pemberdayaan masyarakat desa yang dapat memberikan manfaat ekonomi. Pemberdayaan harus disesuaikan dengan potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam desa, unsur kearifan lokal, karakteristik budaya masyarakatnya, serta memanfaatkan teknologi digital.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi, mutlak diperlukan dalam pembangunan desa. Antara lain penyediaan jaringan, perangkat, aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk, serta pendampingan yang tepat bagi masyarakat desa.

“Atas dasar tersebut, dalam rangka memvisualisasikan predikat Desa Cerdas dan Desa Digital maka Desa Cemani melakukan terobosan dengan membuat Studio Digital (podcast), Aplikasi DIAPELINDUK (Digital Aplikasi Pelayanan Interkoneksi Penduduk), Aplikasi PASDES (Pasar Desa) Cemani, dan Peresmian Kolam Pancingan BUMDes Cemani,” ujarnya.

Bupati berharap melalui studio digital (podcast) ini, dapat hadir sebagai media bagi pemerintah desa dalam menunjukkan program-program kerja desa dan potensi yang dimiliki Desa Cemani. Melalui Aplikasi DIAPELINDUK, dapat hadir sebagai jawaban dalam permasalahan administrasi kependudukan dari tingkat RT ke Desa. Sehingga dimanapun Ketua RT dapat melayani warganya terkait administrasi kependudukan di tingkat Desa dengan cepat dan mudah. Hal ini juga mendukung program Go Green (ramah lingkungan).

Melalui Aplikasi PASDES, dapat hadir sebagai wadah dalam membangun Sosial E-Commerce berbasis Desa. Sehingga memudahkan masyarakat dalam berbelanja produk-produk UMKM Desa Cemani, serta produk-produk tersebut dapat dipasarkan secara lebih luas. Sedangkan melalui Usaha Kolam Pancingan BUMDes Cemani, merupakan upaya Desa dalam menggali dan memanfaatkan asset desa sehingga dapat menghasilkan pendapatan asli Desa Cemani.

“Sayamenyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Cemani yang terus mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam mengembangkan potensi ekonomi desa melalui Porgram Desa Cerdas dan Desa Digital ini,” tambah Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru