22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Dalam Rangka Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo ke-77, Pemkab Gelar Wayang Kulit

SUKOHARJO – Dalam rangka Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo ke-77 tahun 2023, Pagelaran Wayang Kulit digelar oleh Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pentas wayang kulit tersebut bertempat di Alun-alun Satya Negara, Jumat (28/7/2023) malam.

Pentas wayang kulit tersebut dihadiri Bupati Etik Suryani bersama Bupati Sepuh Wardoyo Wijaya, Wakil Bupati, Agus Santosa, Sekda Widodo dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo. Pentas wayang kulit tersebut membawakan lakon “Kunti Nugraha” dengan Dalang Ki MPP Bayuaji.

Bupati Etik Suryani menyampaikan apresiasi atas pagelaran wayang kulit dalam rangka Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo. Menurutnya, acara tersebut merupakan tindakan nyata dalam upaya “nguri-uri” budaya Jawa khususnya Wayang Kulit.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa pewayangan merupakan suatu ensiklopedia yang hidup, tentang perilaku kehidupan manusia yang banyak mengandung falsafah hidup, etika, estetika, kesetiaan, pengabdian dan cinta tanah air,” ujar Bupati.

Menurutnya, pakeliran jangan hanya dilihat sebagai tontonan semata, namun juga harus dijadikan sebagai tuntunan dan falsafah hidup, sehingga mampu menjadi dasar dalam pengabdian kita kepada masyarakat dan Bangsa Indonesia tercinta.

Disisi lain, pagelaran wayang kulit tersebut mendapat animo cukup tinggi oleh masyarakat Sukoharjo dengan hadir langsung di alun-alun untuk menyaksikannya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru