21.8 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

Upaya Turunkan Stunting, Bupati Ajak Masyarakat Khususnya Balita Gemar Makan Ikan

SUKOHARJO – Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) intensif dilakukan Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perikanan. Seperti yang dilakukan di Balai Desa Krajan, Kecamatan Gatak, Jumat (28/7/2023) dimana digelar acara kampanye gemarikan. Acara tersebut dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Bupati mengatakan, melalui Kampanye Gemarikan diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan kepedulian dan kecintaan masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk gemar makan ikan sejak usia dini. “Kita berusaha untuk mendorong masyarakat terutama ibu-ibu hamil dan balita serta anak-anak agar gemar mengkonsumsi ikan,” ujar Bupati.

Menurutnya, di dalam ikan ada asam lemak tidak jenuh Omega 3 terutama yang disebut EPA dan DHA yang terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah. Selain itu ikan mengandung zat omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Bupati juga mengatakan, makan ikan selain bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, juga dapat mencegah terjadinya stunting. Untuk itu, Bupati mendorong peran serta Pemerintah Desa dalam peningkatan angka konsumsi ikan.

“Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di lingkungan masing-masing dengan menyuguhkan ikan sebagai hidangan. Bisa saat rapat, pertemuan, dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan program gemarikan sudah dicanangkan sejak lama, yakni tahun 2004 dan terus dilakukan hingga saat ini. Program gemarikan juga menjadi program prioritas dinas sejak 10 tahun lalu.

“Sasarannya adalah anak usia sekolah dan masyarakat. Selain dalam upaya penurunan stunting, juga untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Sukoharjo yang masih rendah,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru