25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Pasar Murah Jumat Pagi Dinas Pangan, Bupati Sempatkan Diri Lakukan Pantauan

SUKOHARJO – Kegiatan pasar murah jumat pagi Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo di halaman Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) kembali digelar, Jumat (31/3/2023). Terkait kegiatan itu, Bupati Etik Suryani melakukan pantauan. Terlebih lagi, dalam lokasi yang sama juga kembali digelar operasi pasar beras bersama Bulog.

“Pasar murah ini selama ini rutin digelar setiap Jumat pagi. Hari ini sekaligus juga digelar operasi pasar beras bersama Bulog,” ungkap Bupati.

Dalam operasi pasar, Bulog menyediakan beras medium, minyak goreng, dan gula pasir dengan harga dibawah pasaran. Untuk satu paket beras isi 5 kilogram dijual Rp42.500 atau Rp8.500 per kilogram. Harga lainnya, satu paket berisi minyak goreng kemasan 1 liter dan gula pasir 1 kilogram dengan harga Rp27.500.

Bupati melanjutkan, pasar murah oleh Dinas Pangan di halaman MPP mengalami peningkatan penjualan. Bahan pokok yang dijual seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan lainnya habis terjual. Hal itu menunjukkan banyaknya pembeli yang datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Sukoharjo.

“Jadi, harga yang diberikan untuk masyarakat harus dibawah pasaran sehingga menarik minat masyarakat untuk datang dan berbelanja,” ujar Bupati.

Dalam pasar murah tersebut, unyuk telur ayam dijual Rp25.500 per kilogram lebih murah dibanding harga pasaran Rp29.000-Rp 30.000 per kilogram. Hal tersebut karena telur ayam yang dijual langsung didatangkan dari peternak dari wilayah Kecamatan Polokarto.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pengan yang juga Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, Iwan Setiyono, menyampaikan bahwa beras menjadi salah satu kebutuhan pokok pangan prioritas perhatian pemerintah termasuk Pemkab Sukoharjo. Kebutuhan beras dapat dipenuhi lokal hasil panen petani. Namun demikian harga beras dipasaran sebelumnya sempat naik pada kisaran Rp 12.000 per kilogram.

“Kami terus berusaha menekan harga beras dengan gencar melakukan operasi pasar. Hasilnya harga beras sekarang sudah turun sekitar Rp11.000 per kilogram dan diharapkan terus turun kembali normal diangka Rp9.000-Rp10.000 per kilogram,” katanya.

Iwan mengatakan, kebutuhan beras pada awal puasa Ramadhan ini sangat tinggi dengan banyaknya permintaan dipasaran. Bahkan setiap kali operasi pasar stok beras sebesar 5.000 kilogram ditingkat kecamatan selalu habis terjual semua.

Terkait pasar murah di halaman MPP, Iwan mengaku kedepan bahan pokok pangan yang dijual akan dilengkapi sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru