25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Bupati Serahkan Bantuan Alat Bantu

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menghadiri acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023. Acara dilaksanakan di Auditorium Gedung Menara Wijaya, Senin (11/12/2023). Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat Forkopimda. Dalam kesempatan itu Bupati menyerahkan bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Bupati Etik Suryani menyampaikan, penyandang disabilitas adalah salah satu potensi kekuatan dan tentunya mengisyaratkan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama melakukan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas. “Mari bersama-sama kita ciptakan ruang, sehingga saudara-saudara kita penyandang disabilitas mampu berperan secara aktif, dalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan potensi yang dimiliki,” ujarnya

Bupati melanjutkan, peringatan HDI pada dasarnya dapat dimaknai sebagai sebuah bentuk pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas, dan peneguhan komitmen seluruh anak bangsa untuk membangun kepedulian terhadap penyadang disabilitas. Selain itu, bertujuan untuk menggugah kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya upaya pemajuan, perlindungan, serta pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan sesama warga negara lainnya, kedudukan yang setara dan kesempatan yang sama dalam mengakses fasilitas publik,” kata Bupati.

“Oleh karena itu, sudah seharusnya kita tidak lagi memiliki stigma negatif terhadap penyandang disabilitas, serta memberikan dukungan dalam meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan kesamaan hak-hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan,” sambungnya.

Sedangkan Kepala Dinsos Sukoharjo, Suparmim menyampaikan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan dukungan, perlindungan, dan semangat untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan serta aksesibilitas penyandang disabilitas.

“Selain itu, dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan 14 alat bantu, yakni 13 kursi roda dan 1 kaki palsu bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia,” ujar Suparmin.

Menurutnya, selama ini Bupati Sukoharjo sangat berkomitmen terhadap disabilitas. Selain diwujudkan dengan adanya regulasi, Bupati juga membangun gedung sanggar inklusi di setiap kecamatan. Selain itu, bantuan sosial untuk disabilitas juga terus diberikan. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru