26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Bantuan Rehab RTLH dari Baznas kembali Disalurkan, Diantar Langsung Bupati

SUKOHARJO – Bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Bantuan diserahkan untuk lima warga kurang mampu di Desa Blimbing dan Desa Geneng Kecamatan Gatak. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Jumat (14/4/2023).

Bupati menyampakan, selama ini Pemkab Sukoharjo berusaha mengentaskan seluruh RTLH yang ada secara bertahap. Program rehab RTLH dilakukan melalui anggaran APBD kabupaten, provinsi, maupun anggaran pusat. Selain itu, program juga didukung Baznas dan juga program CSR perusahaan.

Kali ini, sebanyak lima warga mendapat bantuan rehabt RTLH. Penerima bantuan masing-masing Mulyono warga Bedodo RT 02 RW 06 Desa Blimbing Kecamatan Gatak mendapat bantuan renovasi rumah sebesar Rp 4juta, Mulyatmo warga Boto RT 001 RW 010 Desa Blimbing Kecamatan Gatak bantuan jamban dan kamar mandi sebesar Rp5 juta, Sumini warga Klenisan RT 02 RW 04 Desa Geneng Kecamatan Gatak bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar Rp15 juta, Ngadinem warga Krangan RT 02 RW 03 Desa Geneng Kecamatan Gatak bantuan RTLH sebesar Rp10 juta dan Mulyono Hasto Saputro warga Tegal Krecekan RT 02 RW 01 Desa Geneng Kecamatan Gatak bantuan renovasi rumah Rp7 juta. Total bantuan yang disalurkan untuk lima warga penerima yakni Rp 41 juta.

“Prosesnya memang dari awal membuat surat pengajuan dan diverifikasi termasuk dicek langsung kelayakan oleh tim Baznas Sukoharjo. Selanjutnya saya turun mengantar sendiri bantuan ke warga dan memang penerima ini layak menerima bantuan karena kondisi rumah yang perlu dibenahi. Mudah-mudahan bantuan ini bisa mewujudkan menjadi rumah layak huni,” lanjutnya.

Bupati menambahkan, dengan turun mengantar langsung bantuan maka bisa mendapat kesempatan bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat. Selain itu juga para pejabat Pemkab Sukoharjo bisa mengetahui kondisi lingkungan tempat kunjungan penerima bantuan sehingga apabila ada program dari dinas yang bisa dilaksanakan disana bisa langsung dikoordinasikan.

Sedangkan Ketua Baznas Sukoharjo, Sardiyono mengatakan, bantuan rehab RTLH disalurkan langsung bersama Bupati Sukoharjo Etik Suryani dengan mendatangi rumah warga. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat. Selain itu, juga untuk melihat langsung kondisi rumah warga.

Baznas Sukoharjo memberikan bantuan rehab RTLH kepada warga dengan nilai bervariasi disesuaikan dengan kondisi rumah. Setelah menerima dana, warga diharapkan segera menggunakan untuk meningkatkan kualitas rumah menjadi layak huni.

“Pengajuan surat permohonan bantuan kepada Baznas Sukoharjo sangat banyak dari masyarakat. Kami verifikasi terus dan setelah selesai bantuan segera disalurkan,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru