26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Berikut Ini Poin-Poin SE Bupati Menghadapi Idul Fitri 1442 Hijriah

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) dalam menghadapi Lebaran atau Idul Fitri 1442 H ini. SE tersebut dikeluarkan dalam upaya kewaspadaan terkait kemungkinan melonjaknya kasus positif corona selama Lebaran. SE tersebut mengatur kegiatan masyarakat dalam rangka menyambut Idul Fitri.

Surat Edaran (SE) Bupati tersebut bernomor 400/1390/2021 tertanggal 30 April 2011 tentang Penegakan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri pada Masa Pandemi Corona. Melihat perkembangan penularan virus corona di Sukoharjo yang cenderung meningkat, maka dalam upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran virus serta memberikan rasa aman pada umat Islam, masyarakat dilarang menyalakan kembang api, petasan dan/atau sejenisnya.

Selain itu, untuk pembagian dan pendistribusian zakat fitrah dilakukan oleh panitia/amil dengan mengantar langsung ke rumah yang berhak menerima zakat. Dalam menyambut Idul Fitri, kumandang takbir dilaksanakan di dalam masjid dengan pembatasan jumlah jamaah maksimal 50% dari kapasitas masjid dan tidak boleh lebih dari 100 orang serta tidak melakukan takbir keliling.

Untuk pelaksanaan salat Idul Futri dilaksanakan di masjid/mushala dengan pembatasan jamaah maksimal 50% dari kapasitas dan tidak boleh melebihi 100 orang dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, shalat tidak dilaksanakan di lapangan atau jalan serta jamaah merupakan warga di lingkungan sekitar bukan pemudik. Masyarakat juga diimbau untuk tidak menggelar kegiatan halal bi halal. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru