31.3 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bersama Forkopimda, Bupati Buka TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2022

SUKOHARJO – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 oleh Kodim 0726 Sukoharjo kembali dilaksanakan. Secara simbolis, TMMD tersebut dimulai dengan penandatanganan berita acara TMMD di Loby Ruang Bupati, Rabu (11/5/2022). Setelah itu, dilanjutkan dengan pelaksanaan TMMD ditandai dengan penuangan material cor beton di lokasi TMMD, Desa Tawang, Kecamatan Weru.

Penandatanganan berita acara sendiri dilakukan oleh Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan bersama Bupati, Etik Suryani. Penandatangan tersebut disaksikan oleh sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“TMMD adalah salah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah,” kata Bupati.

Bupati berharap dengan program TMMD tersebut kesejahteraan masyarakat di daerah meningkat. Selain sasaran pokoknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sedangkan Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan mengatakan, TMMD Sengkuyung Tahap 1 tahun 2022 dilaksanakan di Desa Tawang, Kecamatan Weru. Menurutnya, ada sejumlah program fisik yang akan dikerjakan selain program non fisik. Sasaran program fisik masing-masing pembangunan betonisasi jalan barat Lapangan Tawang sepanjang 435 meter. Kemudian, pembuatan talud jalan timur Sidorejo dengan panjang 650 meter.

Selain itu, juga pembangunan betonisasi jalan di Dukuh Senden RT 02/05 sepanjgn 110 meter, rehab masjid Anugrah Dukuh Senden satu unit, rehab bangsal cungkup Prengguk RT 01/04 Dukuh Prengguk satu unit, rehab Poskamming satu unit, serta rehab MCK tiga unit.

“Selain sasaran fisik, selama kegiatan TMMD juga ada beberapa sasaran non fisik antara lain kegiatan penyuluhan-penyuluhan dan juga vaksinasi corona,” jelasnya.

Untuk sasaran non fisik antara lain berupa penyuluhan-penyuluhan seperti Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan hukum dan Kamtibmas, serta penyuluhan kesehatan dan stunting, penyuluhan KB kes, penyuluhan pertanian, serta vaksinasi corona.

Anggaran TMMD Sengkuyung I tahun 2022 sendiri berasal dari APBD Provinsi Jateng Rp251 juta dan APBD Sukoharjo Rp500 jutam dan swadaya masyarakat Rp10 juta sehingga totalnya Rp761 juta,. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru