26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Sukoharjo Meluncurkan Sekolah untuk Lansia

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Pengendalian Penduduk, KB, dan P3A meluncurkan Sekolah Lansia Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022. Peluncuran dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Gedung Serba Guna, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Selasa (19/7/2022).

“Mudah-mudahan peluncuran Sekolah Lansia ini akan membawa manfaat dan barokah bagi kita semua,” ujar Bupati mengawali sambutannya.

Menurut Bupati, nenjadi tua dalah sebuah perjalanan hidup yang pasti terjadi, namun menjadi sehat dan produktif di usia senja adalah pilihan. Menjadi lansia bukanlah akhir dari segalanya, meskipun perubahan fisik dan psikis pasti terjadi. Namun hendaknya itu semua tidak menjadi penghambat bagi lansia untuk tetap aktif yang tentu saja sesuai dengan kapasitas dan kualitas kesehatannya.

Sekolah lansia, lanjut Bupati, merupakan salah satu upaya pendidikan diperuntukkan bagi lanjut usia. Pendekatan sekolah lansia merupakan salah satu konsep pendidikan secara informal kepada lanjut usia. Hal tersebut juga sesuai dengan UU RI No 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia bahwa sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, diantaranya adalah pelayanan pendidikan dan pelatihan.

“Salah satu pembelajaran dalam sekolah lansia adalah peran lansia terutama lansia yang masih potensial di dalam keluarga dan masyarakat,” jelas Bupati.

Bupati juga megatakan, output dari adanya sekolah lansia adalah untuk mewujudkan 7 dimensi lansia tangguh antara lain dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi vokasional, dimensi sosial, dimensi lingkungan, dimensi hobi dan dimensi intelektual.

“Oleh karena itu saya memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas penyelenggaraan kegiatan peresmian Sekolah Lansia ini. Saya berharap, semoga dengan diresmikannya Sekolah Lansia di Desa Cangkol,
Kecamatan Mojolaban ini, dapat menjadi contoh segera terbentuknya Sekolah Lansia di desa/ kelurahan lainnya di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” kata Bupati.

“Dengan adanya Program Sekolah Lansia tersebut, saya yakin akan membantu lansia di Kabupaten Sukoharjo untuk semakin sehat, berumur panjang dan produktif serta mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat,” sambungnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru