25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bupati Buka Bulan Bhakti Gotong Royong dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK 2024

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Pembukaan Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-21 dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52 Tahun 2024 di Ngabeyan, Kartasura, Selasa (21/5/2024). Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Widodo dan sejumlah pejabat Pemkab Sukoharjo.

Bupati menyampaikan, secara garis besar, nilai gotong royong tertuang dalam Pancasila sila ke tiga yang berbunyi, “Persatuan Indonesia”. Pada hakekatnya, setiap arah pemikiran dan setiap perintah Pancasila mencerminkan pandangan tentang keutuhan kodrat manusia. Sifat manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya dapat diringkas menjadi lima unsur, yang saling terkait dan saling melengkapi, dan semua sila dipadukan dengan cinta kasih.

“Semangat cinta inilah yang dituturkan Bung Karno dalam kata kerjanya “Gotong Royong”. Menurutnya, Gotong Royong adalah pemahaman yang dinamis, lebih dinamis dari kekeluargaan. Gotong Royong adalah jerih payah bersama, keringat bersama, perjuangan bersama. Semua perbuatan adalah untuk kepentingan semua, dan semua keringat adalah untuk kebahagiaan semua,” ujar Bupati.

Menurutnya, BBGRM merupakan momentum untuk mengingatkan akan arti penting gotong royong, terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan. Semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak. Generasi muda diharapkan senatiasa bermusyawarah dalam memutuskan, dan gotong royong dalam bekerja.

Melalui BBGRM, lanjut Bupati, diharapkan dapat menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia, seperti meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam pembangunan, sebagai dasar dalam mempersiapkan sumberdaya manusia yang tangguh, dan meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab terhadap hasil-hasil pembangunan.

“Bukti nyata keberhasilan pembangunan di Sukoharjo merupakan contoh konkret implementasi nilai gotong royong antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang di bersamakan dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Kabupaten Sukoharjo, merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga yang memiliki sejarah yang panjang. Dan telah menunjukkan keberhasilan yang mendapat pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi dan Pusat.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK dan para kadernya, yang telah bekerja keras demi mendukung peningkatan kualitas bangsa melalui upaya-upaya yang diarahkan dalam memberdayakan kesejahteraan keluarga,” kata Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru