20.9 C
Sukoharjo
Saturday, July 13, 2024

Bupati Buka Pembinaan Tata Kelola Aparatur Sipil Negara

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka acara Pembinaan Tata Kelola Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Jumat (19/4/2024). Acara tersebut diikuti oleh pejabat struktural eselon IV dan III.

“Saya ucapkan aselamat datang dan terima kasih kepada Asisten Komisioner KASN beserta jajarannya yang telah berkenan hadir dalam Kegiatan Pembinaan Tata Kelola ASN di Lingkungan Pemkab Sukoharjo. Acara ini bertema “Mewujudkan Birokrasi Pemerintah Kabupaten Sukoharjo yang Profesioanal dan Berkinerja Tinggi melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara”,” terang Bupati.

Dikatakan Bupati, dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023, dijelaskan bahwa untuk melaksanakan amanah membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia sebagaimana yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, bahwa diperlukan adanya birokrasi pemerintahan yang berkinerja baik. Pemerintah telah mencanangkan rencana aksi membuat pemerintahan yang selalu hadir dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demorkatis dan terpecaya.

Untuk mewujudkannya, lanjutnya, dibutuhkan ASN sebagai mesin utama birokrasi yang professional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas, serta mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bengsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menghadapi dunia yang berubah cepat yang disertai dengan kemjuan pesat, tuntutan masyarakat atas pelayanan publik semakin meningkat, serta peluang dan tantangan ekonomi global yang dihadapi bangsa Indonesia untuk dapat bersaing dengan bangsa lain di dunia, telah dilakukan perubahan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 menjadi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Apartaur Sipil Negara.

Berbagai pokok pengaturan dalam Undang-Undang ini menjadi dasar untuk melakukan percepatan transformasi Manajemen ASN untuk mewujudkan birokrasi Indonesia yang profesioanl dan berkelas dunia. ASN perlu memiliki digital mindset dalam menjalankan transformasi birokrasi dan Manajemen ASN. Hal ini terkait dengan pola kerja tatanan baru, dimana pekerjaan birokrasi juga sudah beralih ke digital based dan struktur organisasi juga memulai bertransformasi dari hierarki menjadi koordinasi.

“Oleh karena itu saya memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Saya berharap dengan adanya pembinaan tata kelola ASN ini, peserta bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait manajemen ASN dalam rangka memastikan terwujudnya system merit dalam kebijakan manajemen ASN demi mewujudkan birokrasi Pemerintah Kabupaten Sukoharjo yang berkinerja tinggi,” ujarnya.

“Pesan saya kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti kegiatan pembinaan tata kelola ASN ini dengan sebaik-baiknya serta dapat menerapkannya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, sehingga pelayanan publik menjadi lebih baik dan masyarakat menjadi lebih sejahtera,” tambahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru