25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bupati Ikuti Halalbihalal di Kecamatan Weru dan Tawangsari

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Wakil Bupati, Agus Santosa menghadiri acara halalbihalal di Kecamatan Weru dan Kecamatan Tawangsari, Senin (22/4/2024). Kegiatan tersebut juga dihadiri pejabat Forkopimda dan diikuti segenap elemen masyarakat di dua kecamatan.

“Mengawali sambutan ini, perkenankan saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengucapkan ”Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Taqobalallahu Minna Wa Minkum, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin” atas segala kesalahan dan kekhilafan kami,” ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, halalbihalal merupakan tradisi khas umat muslim sebagai salah satu upaya merefleksikan bahwa Islam adalah agama toleran, yang mengedepankan pendekatan hidup rukun dengan semua agama. Perbedaan yang ada bukanlah tanda untuk saling memusuhi dan mencurigai, tetapi merupakan rahmat Allah SWT.

Karena Islam adalah agama yang rahmatan lil’ alamiin yang sangat menghargai perbedaan dalam hal kebajikan. Berawal dari makna halal bi halal seperti tersebut di atas, pesan Universal Islam adalah untuk selalu berbuat baik, memaafkan orang lain dan saling berbagi kasih sayang hendaknya tetap menjadi warna masyarakat Muslim Indonesia.

“Hari ini kita berhalalbihalal dengan tujuan untuk saling maaf-memaafkan, membuka pintu maaf selebar-lebarnya bagi kesalahan orang lain kepada kita dan kesempatan kita untuk meminta maaf atas kesalahan kita kepada orang lain baik yang disengaja maupun tidak. Mudah-mudahan dengan begitu, tali silaturahim dan tali persaudaraan diantara kita akan lebih bertambah erat dan kuat,” ujarnya.

Menurutnya, kerelaan untuk membuka pintu maaf dan kesadaran untuk meminta maaf, Insyaallah telah ada dalam diri semuanya. “Selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan, kita telah ditempa untuk meningkatkan ketaqwaan dan ketaatan kita kepada Allah SWT, melalui puasa, Zakat, Sholat berjamaah, memperbanyak dzikir dan ibadah lainnya,” tambah Bupati.

Disisi lain, halalbihalal tersebut menghadirkan Ustadz Ivan S. Hadi Al Hafidz. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru