21.8 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

Bupati Lantik dan Kukuhkan Pengurus IWAPI Sukoharjo Periode 2022-2027

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, meelantik Ketua dan pengurus DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Sukoharjo periode 2022-2027. Pelantikan dan pengukuhan tersebut digelar di Orient Hartono Mal, Jumat (11/3/2022). Dalam kesempatan itu, Bupati berpesan agar IWAPI turut berperan dan memajukan ekonomi di Kabupaten Sukoharjo.

Bupati menyampaikan, perempuan sangat luar biasa, selama pandemi banyak kreasi dan inovasi dari perempuan di berbagai sektor. Ada kerajinan, makanan olahan, batik, dan lainnya. “Saya harap dengan pengurus baru IWAPI semakin maju dan bisa memajukan ekonomi di Sukoharjo. Nantinya, IWAPI bisa berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM sehingga bisa berkolaborasi dan program-program yang ada,” terang Bupati.

Dikatakan Bupati, bicara tentang pembangunan, keberadaan dan partisipasi perempuan sudah seharusnya sama dengan laki-laki. Perempuan harus ikut serta dan diikutsertakan dalam pembangunan kesejahteraan keluarga melalui sektor ekonomi. Pasalnya, perempuan juga memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.

Sudah banyak perempuan yang memiliki pendidikan tinggi, keterampilan yang memadai dan kecerdasan yang tidak kalah pentingnya dengan laki-laki, bahkan sudah banyak perempuan yang menduduki jabatan-jabatan strategis, baik di pemerintahan maupun di sektor swasta lainnya.

Dengan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk melakukan wirausaha, diharapkan akses perempuan pada sektor ekonomi akan semakin terbuka lebar, selain itu dengan membuka lebar akses ekonomi untuk perempuan, maka kesenjangan ekonomi dapat dikurangi.

“Meningkatkan kesejahteraan sama dengan menjembatani kesenjangan yang terjadi antara perempuan dan laki-laki. Namun, tentunya diperlukan kebijakan di berbagai aspek untuk perlahan mengurangi masalah kesenjangan ini,” terang Bupati.

Bupati juga mengatakan, perempuan memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan membangun kewirausahaan di Indonesia sekarang ini karena perempuan berpotensi menciptakan alternatif pendapatan bagi keluarga. Potensi ini akan muncul ketika perempuan menjadi pelaku ekonomi, menjadi wirausaha.

Perempuan lebih gigih, ulet, dan teliti dibandingkan laki-laki. Kemampuan itulah yang menjadi modal dasar menjadi pengusaha. Bahkan, bukan tidak mungkin kontribusinya mampu mengurangi angka kemiskinan, menyerap tenaga kerja, dan pemerataan kesejahteraan agar tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.

“Saya harap kepada Ketua DPC IWAPI Sukoharjo beserta seluruh pengurus yang baru saja dilantik untuk segera berkoordinasi dan menyusun langkah strategis serta program kerja guna mewujudkan tujuan dan harapan organisasi dengan prinsip kerja yang akomodatif, demokratis, transparan, dan penuh rasa kebersamaan serta kekompan,” tambah Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru