27.9 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

Bupati Luncurkan Desa Wisata Jangglengan, Seru Ada Lomba Kanonya

SUKOHARJO – Desa Wisata Jangglengan di Kecamatan Nguter resmi diluncurkan oleh Bupati Sukoharjo, Sabtu (23/9/2023). Dalam momen peluncuran tersebut sekaligus juga digelar Lomba Kano. Dalam kesempatan tersebut, sejumlah pejabat Pemkab Sukoharjo juga terlihat hadir.

“Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku,” ujar Bupati.

Menurutnya, desa wisata merupakan sebuah desa yang hidup mandiri dengan potensi yang dimilikinya dan dapat menjual berbagai atraksi-atraksinya sebagai daya tarik wisata tanpa melibatkan investor.

Kriteria dalam menentukan desa yang akan dijadikan desa wisata adalah memiliki potensi wisata yang dapat dimanfaatkan sebagai atraksi wisata, memiliki aksesibilitas, dan sudah memiliki aktivitas wisata atau berada dekat dengan aktivitas wisata yang sudah ada dan terkenal.

“Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan desa wisata ini,” Bupati.

Menurutnya, keterlibatan berbagai pihak sangat diharapkan, masyarakat sebagai pelaku utama dan pemerintah serta swasta sebagai fasilitator dalam mewujudkan keberhasilan pariwisata di Kabupaten Sukoharjo.

“Saya berharap, dengan adanya desa wisata ini dapat membantu meningkatkan pendapatan bagi masyarakat Desa Jangglengan dan sekitarnya dan kedepannya bisa menjadi destinasi wisata yang menjanjikan sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah bagi Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebur juga digelar Lomba Kano Piala Bupati Sukoharjo Tahun 2023 dan Kirab Budaya. Lomba Kano dan Kirab Budaya selain sebagai sarana untuk berolahraga dan melestarikan seni dan budaya. Selain itu, juga sebagai sarana untuk memupuk rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara elemen masyarakat yang ada, juga sebagai hiburan dan tontonan bagi masyarakat di Kecamatan Nguter dan sekitarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru