20.9 C
Sukoharjo
Sunday, July 14, 2024

Bupati Pimpin Apel Ketua Satkamling Persiapan Tahapan Pemilu 2024

SUKOHARJO – Dalam upaya melibatkan masyarakat menjaga keamanan lingkungaN selama tahapan pemilu 2024, Polres Sukoharjo menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di halaman Setda Pemkab Sukoharjo, Rabu (21/6/2023).

Apel sendiri dipimpin Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, yang didampingi Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, dan Dandim 0726 Sukoharjo, yang diwakili Kasdim Mayor Inf Mokchklisin. Saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Bupati menyampaikan, apel yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” ujar Bupati.

Menurutnya, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi “early warning” potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling,” lanjut Bupati.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama,” tambahnya.

Sedangkan Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, mengatakan, dengan Apel Ketua Satkamling ini, Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

“Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru