22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Bupati-Wakil Bupati Terima Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Penilaian APE

SUKOHRJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Wakil Bupati, Agus Santosa menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023. Penerimaan dilakukan di Lobi Kantor Bupati, Senin (13/11/2023).

“Selamat datang dan terima kasih kepada Segenap Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian P3A RI, atas dipercayanya Kabupaten Sukoharjo berhasil lolos seleksi tahap kedua yaitu Verifikasi Administrasi, untuk masuk pada penilaian tahap selanjutnya yakni tahap ketiga Verifikasi Lapangan,” ungkap Bupati mengawali sambutannya.

Bupati berharap kepada seluruh pihak terkait dapat bergerak aktif dan saling bersinergi mengikuti proses verifikasi penilaian lapangan APE dengan sebaik-baiknya, sehingga Kabupaten Sukoharjo tahun ini diharapkan mampu menorehkan prestasi yang baik memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Menurutnya, pengarusutamaan gender sebagai strategi pembangunan menjadi komitmen pembangunan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Sejak tahun 2000 sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 secara tegas menyatakan bahwa ”Bupati dalam proses penyusunan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pengawasan harus mengintegrasikan isu-isu gender dalam pembangunan daerah.”

Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kedudukan, peran dan kualitas perempuan serta upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kondisi di Kabupaten Sukoharjo dilihat melalui Indek Pembangunan Gender (IPG) dan Indek Pemberdayaan Gender (IDG) diatas indek rata-rata Jawa Tengah dan Nasional, yaitu, untuk Indek Pembangunan Gender (IPG) tahun 2022 Kabupaten Sukoharjo sebesar 96,96% sedangkan Provinsi Jawa Tengah sebesar 92,83% dan Nasional sebesar 91,63%

Untuk Indek Pemberdayaan Gender (IDG) tahun 2022 Kabupaten Sukoharjo sebesar 79,16%, Provinsi Jawa Tengah sebesar 73,78% dan Nasional sebesar 76,59%.

“Pada titik inilah perlu melakukan evaluasi karena dalam implementasi Sukoharjo dapat mencapai indek yang tinggi namun untuk penghargaan belum dapat meraih APE,” ujarnya.

Bupati berharap tahun 2023 ini Kabupaten Sukoharjo mendapatkan adanya legitimasi melalui Anugerah Parahita Ekapraya (APE), sebagai bentuk pengakuan atas komitmen Kepala Daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender, dimana indikator atas keberhasilan implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) juga diperoleh melalui angka Indek Pembangunan Gender (IPG). (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru