22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

DPMD Gelar Pelatihan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Dibuka Bupati

SUKOHARJO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Pelatihan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10 dan dibuka oleh Bupati Etik Suryani, Rabu (23/8/2023).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, LPM dibentuk atas prakarsa masyarakat dan sebagai mitra pemerintahan desa/kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan. LPM mempunyai peran yang strategis dalam menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, mengerahkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan serta menggali berbagai macam potensi ekonomi dan sosial desa.

“Pencapaian tujuan pemberdayaan masyarakat, dapat dikatakan berhasil apabila masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif disetiap pengambilan keputusan dalam kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat,” ungkap Bupati.

Oleh sebab itu, lanjutnya, bentuk partisipasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat perlu dipahami dengan baik. Untuk itu penguatan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat/Kelurahan sangatlah penting mengingat aspirasi masyarakat merupakan kunci utama dalam pencapaian tujuan pembangunan.

Bupati melanjutkan, peningkatan kapasitas Lembaga Pemberdayaan ini merupakan tindak lanjut amanah Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Adat Desa serta Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 89 Tahun 2020 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Dengan pelatihan tersebut diharapankan LPM mampu menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat, tercipta suasana tentram, damai dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, erta membantu pemerintah dalam hal percepatan pembangunan berbasis masyarakat agar tepat sasaran, tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap kepada seluruh pengurus LPM agar selalu menciptakan sinergi yang baik dengan warga masyarakat dan pemerintah desa/Kelurahan, sehingga rencana pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tambah Bupati.

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru