26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Tutup Jambore Kader Kesehatan dan Germas 2023

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menutup kegiatan Jambore Kader Kesehatan dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kabupaten Sukoharjo Tahun 2023. Penutupan kegiatan jambore sendiri digelar di Riverhill Tawangmangu, Karanganyar, Selasa (7/3/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan bahwa permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus terhadap upaya kesehatan diutamakan pada upaya promotif dan preventif dalam menumbuh kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Hasil pembangunan kesehatan cukup mengembirakan, namun terobosan atau kebijakan baru dalam akselerasi program mutlak dibutuhkan. Terobosan tersebut salah satunya melalui Germas dan Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga,” terang Bupati.

Bupati melanjutkan, langkah yang diambil Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Kabupaten Sukoharjo Sehat adalah dengan ditetapkannya lima strategi. Yakni, peningkatan sarana prasarana dan jenis layanan kesehatan; menurunkan prevalensi balita gizi kirang dan gizi buruk, dengan melibatkan lintas program, lintas sektor dan memberdayakan kader kesehatan di desa bersama masyarakat; meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di seluruh tatanan institusi melalui advokasi, bina swasana dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan peran pemerintah, dunia usaha dalam pembangunan Kesehatan.

Juga, menurunkan angka kesakitan dan kematian Penyakit menular dan tidak menular melalui kompetensi tenaga kesehatan, kerjasama lintas program, lintas sektor dan peran serta masyarakat, dan elaksanakan manajemen pengelolaan pemerintah dibidang kesehatan yang efektif dan efisien.

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, salah satu upaya terobosan atau strategi yang memiliki daya ungkit untuk menggerakan dan memberdayakan masyarakat adalah dengan Germas. Bentu kegiatannya sendiri meliputi melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

“Saya sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Saya berharap melalui kegiatan ini, dapat dijadikan sebagai momentum strategis sebagai tindak lanjut dari Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan membangkitkan rasa tanggung jawab bersama bahwa hidup sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” tambah Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru