20.9 C
Sukoharjo
Sunday, July 14, 2024

Duta GenRe Putra Sukoharjo Raih Juara 1 Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah

SUKOHARJO – Perwakilan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Sukoharjo berhasil memperoleh Juara satu Duta GenRe Putra dan 10 Besar Duta GenRe Putri Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini digelar di Hotel Grand Arkenso Park View Semarang, Kamis (24/02/2022).

Duta GenRe putra Kabupaten Sukoharjo, Ajib Rahmad berhasil terpilih sebagai Juara Satu Duta GenRe Putra tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Ziven Rintis berhasil masuk di 10 besar Duta GenRe putri. Ajang pemilihan Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah tersebut diikuti 35 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Selamat untuk adik Ajib dan Ziven yang telah membanggakan Kabupaten Sukoharjo di pemilihan Duta GenRe Provinsi Jateng,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sukoharjo, Proboningsih Dwi Danarti.

Menurutnya, Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja yakni putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, juga menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS.

Probo mengatakan, Duta GenRe diharapkan mampu memberikan sosialisasi dan edukasi untuk Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP) dan Persiapan menjadi Orang Tua Hebat serta menerapkan 8 fungsi keluarga. Peran Duta GenRe juga dibutuhkan untuk program percepatan penurunan stunting sampai 14 secara nasional sehingga pencegahan stunting harus dimulai dari remaja karena remaja pastinya akan menjadi orang tua.

“Seluruh Duta GenRe di Kabupaten Sukoharjo untuk bisa mengajak remaja supaya tangguh, cerdas dan berkualitas untuk mewujudkan Sukoharjo yang lebih makmur,” ujarnya.

Probo juga mengatakan, Juara 1 Duta GenRe Tingkat Provinsi Jateng ini nantinya akan mewakili Provinsi Jateng ke Tingkat Nasional yang direncanakan pelaksanaan pada Maret 2022 mendatang. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru