22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Festival Gamelan “Sukoharjo Sound of Gamelan”, Bupati Berikan Apresiasi

SUKOHARJO – Gerbang Budaya Sukoharjo menggelar Festival Gamelan “Sukoharjo Sound of Gamelan #2”. Kegiatan dilaksanakan di Alun-alun Satya Negara, Minggu (6/8/2023) dan dibuka oleh Bupati Etik Suryani.

“Mengawali sambutan ini, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gerbang Budaya dan semua pihak atas penyelenggaraan kegiatan ini,” ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, gamelan resmi ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intangible Cultural Heritage) pada tanggal 15 Desember 2021 oleh UNESCO. Hal ini berarti gamelan menjadi produk unik dari Budaya Indonesia yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun.

Disisi lain, Kabupaten Sukoharjo patut berbangga dengan penetapan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda ini, karena di Kabupaten Sukoharjo terdapat 1 (satu) sentra kerajinan gamelan yaitu di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban. Banyak perajin yang menggantungkan kehidupannya pada pembuatan gamelan.

“Harga satu perangkat gamelan bisa berkisar ratusan juta rupiah, tergantung pada bahan pembuatannya, apakah terbuat dari tembaga, kuningan, dan besi,” ujar Bupati.

Bupati berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat kepedulian dan mengolah potensi gamelan agar semakin bermanfaat secara budaya, ekonomi dan pariwisata baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

“Selain itu saya berharap malalui kegiatan ini, gaungnya bisa terdengar se antero Nusantara, sehingga dapat mengangkat nama Kabupaten Sukoharjo sebagai pusat kerajinan gamelan beserta multiplayer efeknya yaitu menghidupkan roda ekonomi di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban dan sekitarnya,” tambah Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru