26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Hadiri Pelantikan Pengurus Baru PPNI, Bupati: Perawat dan Bidan Berperan Besar di Bidang Kesehatan

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menghadiri pelantikan pengurus DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan perkenalan Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sukoharjo di Hotel Tosan, Solo Baru, Selasa (14/6/2022). Dalam kesmepatan tersebut, Bupati menyampaikan perawat dan bidan memiliki peran penting dalam penanganan masalah kesehatan termasuk penanganan pandemi corona.

“PPNI merupakan organisasi profesi di Indonesia yang berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat dan profesi keperawatan,” ungkap Bupati.

Lebih kanjut Bupati menyampaikan, dalam usianya yang tergolong usia produktif, PPNI telah tumbuh untuk menjadi organisasi yang mandiri. PPNI saat ini berproses pada kematangan organisasi dan mempersiapkan anggotanya dalam berperan nyata pada masyarakat dengan memperkecil kesenjangan dalam pelayanan kesehatan, mempermudah masyarakat dalam mendapat akses pelayanan kesehatan, serta mendapatkan kesamaan pelayanan yang berkualitas.

Menurutnya, PPNI bersama anggotanya akan bersama mengawal profesi keperawatan Indonesia pada adah yang benar, sehingga profesi keperawatan dapat mandiri dan bermartabat dan bersaing secara nasional dan internasional. Etik Suryani melanjutkan, oleh karena itu pihakny sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Saya berharap kepada Ketua DPD PPNI Kabupaten Sukoharjo beserta seluruh pengurus yang baru saja dilantik untuk segera berkoordinasi dan menyusun langkah strategis dan program kerja guna mewujudkan tujuan dan harapan organisasi, dengan senantiasa mengembangkan prinsip kerja yang akomodatif, demokratis dan transparan, penuh rasa kebersamaan dan kekompakan serta manajemen yang profesional,” paparnya.

Bupati juga mengimbau kepada PPNI untuk senantiasa meningkatkan soliditasnya. Sebab, masing-masing anggota memiliki tanggung jawab yang sama atas kemajuan organisasi. Soliditas ini hendaknya tidak hanya berlaku secara internal dalam kehidupan berorganisasi, namun juga di lapangan dalam menjalankan profesinya sebagai perawat. Terutama dalam situasi pandemi yang masih dihadapi dan situasi medis lainnya yang membutuhkan koordinasi cepat, karena profesi perawat sangat erat hubungannya dengan keselamatan dan nyawa manusia.

“Saya mengajak seluruh perawat yang tergabung dalam PPNI untuk senantiasa bekerja sama dengan pemerintah dalam penanganan masalah kesehatan di Kabupaten Sukoharjo sehingga dapat meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi di masyarakat,” lanjutnya.

Disisi lain, Bupati juga mengatakan IBI sebagai wadah para bidan harus siap mengoptimalkan peran dan kiprahnya untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan, khususnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, menciptakan lingkungan dan keluarga yang bersih, sehat serta sejahtera lahir batin.

“Saya berharap agar IBI dapat berkomitmen dan berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia para bidan. Sebab bidan adalah ujung tombak dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bidan adalah bagian dari pemerintah, khususnya dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta penanggulangan masalah gizi balita dan ibu hamil serta kesehatan dasar,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru