31.3 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Juru Parkir Mendapat Seragam Baru, Diserahkan oleh Bupati

SUKOHARJO – Juru parkir di Kabupaten Sukoharjo mendapatkan seragam baru. Penyerahan seragam baru dilakukan di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Kamis (3/8/2023). Seragam baru tersebut diserahkan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah. Melalui Undang-undang Pajak dan Retribusi Daerah, daerah diberikan kewenangan untuk melakukan pemungutan kepada masyarakat berupa pajak daerah dan retribusi daerah, dengan membentuk Peraturan Daerah sebagai dasar pemungutannya.

“Nah, parkir kendaraan merupakan salah satu potensi pendapatan asli daerah yang cukup besar,” ujar Bupati.

Bupati menginformasikan, Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum telah berkontribusi pada PAD Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 sebesar Rp1,084 miliar dari nilai total PAD pada Jenis Pendapatan Retribusi Daerah sebesar Rp19,258 miliar atau sebesar 5,6%. Hal itu menunjukkan bahwa Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum telah menjadi komponen penting di dalam usaha meningkatkan PAD di Kabupaten Sukoharjo.

“Tentu dalam rangka usaha untuk meningkatkan pendapatan daerah serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di sektor Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum, diperlukan berbagai upaya bersama yang diharapkan dapat menunjang semua kegiatan peningkatan pengelolaan parkir di tepi jalan umum,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengelola dan petugas parkir. “Penjenengan adalah garda terdepan penghasil Pendapatan Asli Daerah Sukoharjo yang digunakan untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Sukoharjo yang kita cintai ini,” ujar Bupati.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkab Sukoharjo memberikan seragam parkir baru kepada petugas juru parkir di Kabupaten Sukoharjo. Diharapkan dengan seragam baru petugas parkir yang diserahkan dapat meningkatkan tanggung jawab seluruh petugas parkir dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Pesan saya kepada teman-teman petugas parkir untuk menarik retribusi parkir dengan sopan sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta tempat yang sudah disediakan, hal ini dimaksud agar tidak terjadi stigma di masyarakat bahwa juru parkir melakukan pungutan liar dan memberatkan masyarakat,” pesan Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru