26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Pawai Pembangunan Sukoharjo Meriah, Mobil Hias Jadi Daya Tarik

SUKOHARJO – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemkab Sukoharjo menggelar pawai pembangunan, satu (19/8/2023). Pawai tersebut berlangsung meriah dimana pawai mengambil start dari Patung Jamu Bulakrejo hingga panggung kehormatan di simpang lima.

Selama pawai, di sepanjang rute penuh dengan warga yang ingin menyaksikan agenda tahunan tersebut. Pawai sendiri diawali dengan Tim Paskibraka yang kemudian sejumlah tim marching band.

Setelah itu, penampilan mobil hias menjadi daya tarik tersendiri karena setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD, dan lainnya menampilkan mobil hias dengan beragam tema.

Pawai sendiri dimulai pukul 12.30 WIB. Untuk Paskibraka marching band, dan juga mobil hias start dari kompleks Pemkab Sukoharjo. Sedangkan untuk masyarakat umum start dari Patung Jamu Bulakrejo.

Setelah rombongan marching band, peserta dati TNI/Polri melintas yang kemudian diikuti peserta mobil hias. Peserta mobil hias tahun ini terlihat lebih tertata dibandingkan tahun lalu. Setelah itu, rombongan camat dan pejabat kecamatan yang naik mobil jeep.

Begitu juga BUMD juga menampilkan kendaraan hias masing-masing, seperti PDAM yang menampilkan replika kran raksasa yang mengeluarkan air, Bank Sukoharjo menampilkan kendaraan hias replika kantor baru, Bank Jateng juga replika kantor, dan lainnya.

Pawai pembangunan sendiri berlangsung disambut antusiasme masyarakat. Di sepanjang rute kirab, warga terlihat memenuhi sisi jalan. Bahkan, di sejumlah titik, banyak warga yang merangsek hingga bahu jalan. Momen tersebut juga digunakan untuk foto dengan peserta khususnya dengan TNI/Polri.

Sedangkan panggung kehormatan sendiri berada di depan rumah dinas bupati. Tampak Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan pejabat Forkopimda serta para pejabat Pemkab Sukoharjo ada di panggung kehormatan.

Sejumlah peserta pun memberikan penampilan di depan panggung kehormatan khususnya marching band, dan peserta lainnya.

Terkait pawai pembangunan khususnya mobil hias, Sekda Sukoharjo, Widodo mengaku untuk tahun ini memang dilakukan pengaturan khusus agar lebih tertata dan rapi. Pasalnya, dari evaluasi tahun lalu mobil hias terpisah-pisah dan tidak teratur.

“Untuk itulah tahun ini start mobil hias dipisah dengan peserta umum sehigga mobil hias bisa berurutan, tidak terpisah-pisah,” kata Sekda. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru