26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Sukoharjo Fashion Food Festival di GP3D Dibuka Bupati

SUKOHARJO – Sukoharjo Fashion Food Festival (SF3) resmi dimulai. Event yang menggabungkan beberapa kegiatan tersebut diadakan di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) dan dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Jumat (17/3/2023) malam. Hadir dalam pembukaan Wakil Bupati Agus Santosa dan sejumlah Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Terkait event tersebut, Bupati memberikan apresiasi. Menurutnya, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang dinanti umat Islam selepas menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan satu bulan penuh. Pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini, permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pokok cenderung terus meningkat, sehingga berdampak pada kenaikkan harga.

“Lonjakan harga yang tinggi ini tentu akan membebani dan sekaligus dapat mengurangi daya beli masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu,” kata Bupati.

Untuk itu, lanjutnya, melihat fenomena terjadinya lonjakan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan upaya pengendalian inflasi di daerah, Pemkab Sukoharjo menggelar SF3. Kegiatan sendiri diselenggarakan bersama TPID dan Dekranasda yang bersinergi dan berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, PT Bank Jateng Cabang Sukoharjo dan PT BPR Bank Sukoharjo, Pimpinan Cabang Bulog, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan Se kabupaten Sukoharjo, dan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Event SF3 sendiri tersapat tiga kegiatan utama, yakni pasar murah yang bertujuan untuk mengendalikan inflasi untuk mengantisipasi lonjakan harga dan menjamin ketersediaan stok kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan. Kemudian pameran dan fashion Show untuk memfasilitasi pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan hasil produksinya kepada masyarakat luas.

Kegiatan ketiga adalah festival kuliner untuk memfasilitasi para pelaku usaha mikro yang memproduksi dan mengolah makanan dan jajanan khas Sukoharjo untuk mempromosikan dan mengenalkan hasil olahan atau produksinya.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, dapat memberikan dampat positif dalam meningkatkan multiplayer efek bagi para pelaku UMKM, dan masyarakat sehingga dapat mendorong perekonomian daerah bergerak, tumbuh dan bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Widodo, menyampaikan SF3 digelar dalam rangka menjaga stabilitas harga di daerah serta untuk mendukung daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi.

“Event ini juga untuk mengantisipasi lonjakan harga dan menjamin ketersediaan stok kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan dalam rangka pengendalian inflasi,” ujar Widodo. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru