22.5 C
Sukoharjo
Saturday, July 13, 2024

Bupati Cek Korban Bencana Angin Kencang Kecamatan Bulu dan Salurkan Bantuan Baznas

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Dandim Letkol Czi Slamet Riyadi melakukan peninjauan korban bencana angin kencang di Kecamatan Bulu, Senin (2/1/2023). Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyalurkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Bantuan yang disalurkan antara lain baruan rehab rumah mulai Rp10 juta hingga Rp15 juta. Selain itu, bantuan logistik juga diberikan untuk meringankan beban warga yang menjadi korban bencana angin kencang.

Bupati dan rombongan mengunjungi korban rumah roboh di Desa Kamal, Sutimin. Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan bantuan senilai Rp15 juta dari Baznas.

“Saya harap bantuan ini dimanfaatkan dengan baik dan untuk logistik bisa merimgankan beban,” ungkap Bupati.

Setelah itu, Bupati bersama Forkopimda juga menengok warga terdampak lainnya dan menyerahkan bantuan rehab rumah. Selain itu, Bupati juga meninjau tower telekomunikasi yang roboh dan menimpa sebuah rumah.

“Saya mengimbau warga selalu waspada dan berhati-hati karena cuaca ekstrem diperkirakan masih akan terjadi,” pesan Bupati.

Sedangkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Ariyanto, menyampaikan bahwa bencana angin kencang di Kecamatan Bulu menimbulkan banyak kerusakan. Bencana angin sendiri melanda delapan desa.

Menurut Ariyanto, sesuai data BPBD, desa yang terdampak masing-masing Desa Gentan (223 rumah), Desa Kamal (85 rumah), Desa Karangasem (48 rumah), Desa Ngasinan (lima rumah), Desa Bulu (179 rumah), Desa Tiyaran (22 rumah), Desa Kunden (19 rumah), dan Desa Kedungsono (dua rumah).

“Kerusakan yang terjadi bervariasi, mulai kerusakan ringan hingga berat,” ujar Ariyanto.

Ariyanto juga mengatakan, bencana angin kencang juga mengakibatkan 12 sarana prasara umum juga rusak. Kerusakan yang terjadi mulai dari kantor, sekolah, masjid, dan tower telekomunikasi. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru