21.2 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Bupati Hadiri dan Buka Parade Hadroh Lesbumi PCNU Tahun 2022

SUKOHARJO – Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Sukoharjo menggelar Parade Hadroh tahun 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Graha Wijaya, Sabtu (29/10/2022) malam. Parado dibuka langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Bupati menyampaikan, parade hadroh merupakan satu kegiatan yang sangat strategis, tidak hanya sekadar parade atau lomba semata, tapi juga kegiatan yang oleh para pendahulu memiliki nilai Islam dan diamalkan oleh masyarakat secara luas dengan berbagai cara. Pada zaman dahuku, kegiatan sangat efektif untuk menyebarkan ajaran agama dengan menggunakan kebudayaan, tradisi, berbagai ragam seni yang berkembang di masyarakat.

“Seni itu merupakan satu hal yang penting bagi kita semua karena pada diri manusia terdapat dan memiliki nafsu, salah satunya nafsu mutmainnah. Dalam Al Quran ditegaskan bahwa nafsu mutmainnah adalah nafsu yang senantiasa membawa kedamaian, ketenangan, dan membuat suasana yang sakinah atau tenang,” ujar Bupati.

Untuk itu, penyelenggaraan parade hadroh merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam upaya agar nafsu mutmainnah tidak tercerabut dari diri manusia. Untuk itu, semua dituntut agar selalu memelihara warisan baik dari para pendahulu, juga dituntut harus berkreasi hal baru yang lebih memiliki daya guna, kebermanfaatan sesuai dengan situasi dan kondisi.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya agar kegiatan ini. Saya harap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan di masa mendatang,” harap Bupati.

Bupati juga berharap parade hadroh tersebut dapat menambah semangat mengembangkan seni Islam serta menjadi momentum awal kebangkitan seni Islami serta membangun generasi muda dengan mengenal seni Islam.

“Yang tak kalah penting, parade hadroh ini dapat menjadi sarana untuk saling bersilaturahmi dan komunikasi sehingga akan terus terwujud persatuan dan kesatuan, serta ukhuwah Islamiyah di Sukoharjo,” pungkas Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru