26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Hadiri Peringatan HUT Ke-9 dan Penetapan Pengurus Persojo 2024-2027

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menghadiri Gelar Budaya Opera Musik dalam rangka Memperingati HUT Persaudaraan Seniman Sukoharjo (Persojo) Ke-9 di Taman Budaya Suryani, Kamis (6/6/2024) malam. Dalam acara tersebut sekaligus dilakukan Penetapan Pengurus Persojo Periode 2024-2027.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Sukoharjo, mengucapkan selamat merayakan HUT yang ke-9” kepada Keluarga Besar Persojo,” ujar Bupati mengawali sambutannya.

Dikatakan Bupati, kesenian merupakan salah satu bagian dari unsur budaya, yang sesungguhnya dapat dijadikan sebagai suatu media yang cukup strategis guna membangun semangat solidaritas dan persatuan masyarakat.

Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa selain sebagai media apresiasi, kesenian memiliki banyak sekali fungsi yang beberapa diantaranya adalah sebagai wujud kreatifitas masyarakat serta wadah aspirasi, baik secara tekstual maupun konseptual.

“Persojo dibentuk dalam rangka mengembangkan dan menggali potensi kesenian yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Dalam rangka memperingati HUT Ke-9, Persojo mempersembahkan pertunjukan Opera Musik Kontemporer dengan pelaku dan pemain dari kreator dan eksekutor pertunjukkan benar-benar putra dan putri Sukoharjo,” ungkapnya.

Gelar Budaya Opera Musik merupakan sebuah Opera Musik yang dikemas kedalam frame seni pertunjukkan kontemporer. Sebuah Opera Musik Kontemporer yang digarap dengan berbagai unsur seni. Pentas ini melibatkan seni karawitan dan seni musik diatonik sebagai pengiring. Seni teater dan seni tari berperan dalam membangun suasana dan alur drama. Tak luput pula dukungan seni rupa dan multimedia yang mumpuni sehingga tercipta sebuah kolaborasi pertunjukan seni yang indah dan spektakuler.

“Saya berharap kepada pengurus Persojo yang baru saja ditetapkan, dapat segera berkoordinasi dan menyusun langkah-langkah strategis dan program kerja guna mewujudkan tujuan dan harapan organisasi,” tambah Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru