31.3 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bupati Lantik Pejabat Administrasi Dalam Jabatan Fungsional

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryanim melantik 275 pejabat eselon IV dalam jabatan fungsional melalui penyetaraan jabatan. Pelantikan dilakukan di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Jumat (31/12/2021). Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD, Wawan Pribadi, Wakil Bupati, Agus Santosa, Sekda, Widodo dan pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo lainnya.

Bupati mengatakan, pelantikan tersebut diharapkan menjadikan motivasi dan penyemangat tersendiri bagi pejabat yang dilantik. Harapannya, para pejabat tersebut senantiasa bekerja dan mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tugas dan tanggung jawab saudara sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Sesuai arahan Bapak Presiden, lanjut Bupati, reformasi struktur eselonisasi perlu dilakukan agar lembaga pemerintah semakin sederhana, simpel, dan dapat bergerak semakin lincah. “Peralihan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional merupakan upaya untuk menyederhanakan birokrasi menjadi fleksibel, efisien dan efektif serta merupakan wujud reformasi birokrasi dalam penyederhanaan organisasi ASN,” terang Bupati.

Menurutnya, perubahan tersebut juga berpengaruh bagi pimpinan untuk melakukan supervisi dan pembagian tugas langsung kepada individu dan dengan penyederhanaan jabatan diharapkan dapat meningkatkan kinerja. Melalui penyetaraan jabatan tersebut diharapkan mampu mengubah kultur birokrasi di Kabupaten Sukoharjo menjadi lebih baik. Begitu juga pemangku jabatan fungsional diharapkan memiliki motivasi lebih tinggi dalam meningkatkan keterampilan, kompetensi, serta kinerjanya.

Dengan adanya penyetaraan tersebut, pejebat mempunyai peluang yang lebih luas lagi dalam mengembangkan ide kreatif serta jenjang karir ke depannya sehingga semua mampu memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. “Mari memaknai transformasi ini dengan positif dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, struktural dan fungsional adalah sama-sama pejabat, hanya basisnya yang berbeda. Fungsional berbasis kompetensi sedangkan struktural berbasis manajerial,” lanjut Bupati.

Bupati juga menambahkan, jabatan yang diberikan merupakan sebuah amanah yang harus disyukuri, dijaga dan dipertanggungjawabkan. Untuk itu, Bupati mengajak kepada pejabat yang baru dilantik untuk bekerja secara maksimal, kreatif, dan inovatif yang dilandasi dengan profesionalisme dan integritas yang tinggi, guna mendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Sukoharjo. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru