25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bupati Luncurkan CFD dan Destinasi Wisata Kuliber Bebek di Kartasura

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, meluncurkan “Car Free Day” (CFD) dan juga Destinasi Wisata Kuliner Bebek di Kecamatan Kartasura, Minggu (17/9/2023). Untuk CFD sendiri menempati Jalan Slamet Riyadi mulai dari simpang tiga Ngadirejo sampai simpang tiga gapura Keraton Kartasura.

“CFD Kartasura ini sangat positif karena bisa memberdayakaan pelaku UMKM masyarakat sekitar sehingga menggerakkan roda perekonomian,” ujar Etik.

Untuk selanjutnya, Etik berharap pelaksanaan kegiatan CFD Kartasura dapat dilaksanakan secara rutin, sehingga kegiatan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain itu, Etik juga berpesan agar masyarakat menjaga lingkungan. CFD bisa dijadikan sebagai sarana tempat olah raga, hiburan, refreshing dan dapat menghadirkan UMKM daerah agar perputaran ekonomi bisa bergerak maju di area Kecamatan Kartasura dan sekitarnya.

“Jadi, CFD ini tidak sekadar bebas asap kendaraan bermotor saja, namun juga sebagai upaya Pemkab Sukoharjo memberi wadah masyarakat berolahraga dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukoharjo dan khususnya di Kecamatan Kartasura,” katanya.

Disisi lain, Bupati juga meluncurkan Kecamatan Kartasura sebagai pusat kuliner bebek dalam balutan acara Festival Internasional Bebek Kartasura. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Kartasura Ke-343 Tahun 2023. Pada kesempatan ini juga dilakukan deklarasi Kartasura sebagai destinasi wisata kuliner bebek.

Terkait hal itu, Bupati mengatakan Kecamatan Kartasura memiliki beragam wisata kuliner yang menjadi ciri khas wilayah setempat. Salah satunya yakni menu bebek yang tersebar disejumlah tempat di wilayah Kecamatan Kartasura.

Kuliner bebek salah satunya banyak ditemukan tersebar disepanjang Jalan Slamet Riyadi Kartasura. Bebek menjadi menu makanan yang mudah dijumpai masyarakat di warung sampai rumah makan.

“Kuliner bebek ini juga dapat memajukan perekonomian masyarakat setempat dan daerah karena perputaran uang dengan cepat terjadi seiring banyaknya pembeli,” ujarnya.

Dalam deklarasi tersebut juga dihadiri sejumlah perwakilan orang dari beberapa negara asing seperti Filipina, Laos, Thailand dan lainnya. Perwakilan dari negara asing tersebut juga ikut menikmati olahan makanan menu bebek.

Sedangkan Camat Kartasura, Ikhwan Sapto Darmono, mengatakan, Pemerintah Kecamatan Kartasura sudah lama mendambakan ada CFD di wilayah Kecamatan Kartasura. Sejumlah tahapan telah dilaksanakan dengan melibatkan pihak terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Satlantas Polres Sukoharjo, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo, dan lainnya.

Disinggung tentang kuliner bebek, Ikhwan mengaku di Kecamatan Kartasura sudah sejak lama banyak berdiri tempat usaha kuliner bebek. Hal ini juga membuat Kecamatan Kartasura sudah dikenal masyarakat sebagai tempat kuliner bebek.

“Bebek menjadi menu andalan kuliner pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Kartasura. Mulai dari usaha kaki lima, warung makan dan rumah makan besar menyediakan kuliner bebek,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru