22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Bupati Melepas Kontingen Jambore Daerah SD/MI Kwarda Jateng 2023

SUKOHARJO – Sebanyak 32 peserta dari Kabupaten Sukoharjo akan mengikuti Jambore Daerah SD/MI Kwarda Jawa Tengah (Jateng) 2023. Kontingen Kabupaten Sukoharjo dilepas oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Kamis (21/9/2023). Hadir dalam acara tersebut Ketua Kwarcab Sukoharjo, Agus Santosa yang juga Wakil Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan, Jambore Pramuka Penggalang merupakan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian.

“Jambore ini merupakan sebagai sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemadirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebangsaan yang ber “Bhineka” sebagai manusia ber- “IMTAQ”, ber- “IPTEK” dan berjiwa Pancasila,” ujarnya.

Menurutnya, Jambore Daerah SD/ MI Kwarda Jawa Tengah Tahun 2023 dilaksanakan bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.

“Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Harapan saya, semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi kepada Penggalang Kwartir Cabang Sukoharjo,” ujarnya.

Sementara itu, Pemimpin Kontingen Sukoharjo, Sriyono, mengatakan Jambore SD/MI Kwarda Jateng akan digelar di Pusat Kegiatan Pramuka Candra Birawa Karanggeneng, Gunungpati, Semarang. Jambore akan digelar pada 24-29 September 2023.

“Kegiatan yang akan diikuti adalah kegiatan umum, wawasan dan teknologi, giat adventure dan ketangkasan, giat inspirasi dan apresiasi, giat bindamping, gelang ajar, dan wisata,” ujarnya.

Sriyono berharap kontingen pramuka Sukoharjo yang terdiri 16 putra dan 16 putri yang dikirim bisa tampil menjadi yang terbaik sehingga mengharumkan nama Kabupaten Sukoharjo. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru