22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Bupati Pantau Harga dan Stok Barang di Pasar Tradisional

SUKOHARJO – Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) beberapa hari terakhir mendapat perhatian Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. Untuk memastikan stok dan distribusi, Bupati melakukan pantauan di Pasar Tawangsari dan Pasar Ir Soekarno, Selasa (28/12/2021). Pantauan tersebut juga diikuti Sekda, Widodo, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Bupati mengatakan, dari pantauan tersebut diketahui harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan. Antara lain minyak goreng, telur, dan juga cabai rawait merah. Hanya saja, untuk harga kebutuhan lainnya relatif stabil.

“Dari keterangan pedagang pasar, kenaikan harga mengakibatkan penurunan frekuensi pembelian masyarakat. Kenaikannya terjadi dalam beberapa hari terakhir,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, komoditas yang harganya naik signifikan adalah minyak goreng dimana untuk kemasan satu liter Rp20 ribu dan yang dua liter Rp38 ribu. Begitu juga untuk telur ayam, setelah sempat turun harga, saat ini justru naik menjadi Rp32 ribu per kilogram.

“Kalau untuk cabai rawit merah, kenaikan yang terjadi karena faktor cuaca sehingga panen petani tidak maksimal. Kondisi tersebut membuat pasokan cabai rawit merah menjadi tersendat sehingga membuat harganya naik di pasaran,” jelas Bupati.

Bupati juga mengatakan, dari pantauan yang dilakukan di dua pasar tradisional tersebut diketahui untuk stok barang masih relatif aman dan tidak ada masalah. Bupati berharap kenaikan harga tersebut tidak berlangsung lama sehingga daya beli masyarakat kembali naik. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru