31.9 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Pimpin Penebaran 50.000 Benih Ikan di Embung Pengantin Desa Wirun

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, memimpin penebaran 50.000 benih ikan di Embung Pengantin, Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Jumat (5/11/2021). Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pertanian dan Perikanan. Selain menebar benih ikan, Bupati secara simbolis juga juga menyerahkan bantuan hibah sarana prasarana perikanan untuk delapan kelompok.

Bupati mengatakan, sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah karena sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat. Perikanan juga menjadi sumber pendapatan masyarakat.

“Saat ini terdapat permintaan yang tinggi untuk bahan pangan ikan di seluruh dunia sehingga menyebabkan overfishing di sektor perikanan. Penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budi daya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan,” papar Bupati.

Bupati melanjutkan, angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah sehingga perlu adanya upaya-upaya peningkatan produksi ikan maupun animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan melalu gerakan gemari. Gerakan tersebut menyasar kelompok anak usia sekolah, stunting, balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.

“Berbagai kebijakan kita lakukan dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Sukoharjo, diantaranya pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan, fasilitasi akses permodalan, pelatihan, inovasi dan teknologi bagi pelaku usaha perikanan,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, pemberian bantuan benih ikan dan bantuan hibah sarana dan prasarana perikanan diharapkan dapat mendorong dan memberikan stimulan kepada pelaku usaha perikanan untuk tetap melakukan budi daya ikan. Selain itu, juga menjaga dan meningkatkan jumlah produksi ikan Kabupaten Sukoharjo serta mendukung ketersediaan bahan pangan ikan dan penanganan ekonomi akibat pandemi corona saat ini.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan bahwa penebaran ikan di Sukoharjo rutin dilaksanakan dengan anggaran dari APBD Sukoharjo. Penebaran benih sendiri bertujuan untuk melestarikan dan menyediakan ikan sebagai konsumsi masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Hari ini ditebar 50.000 benih ikan nila dan ikan gurame. Kami harap mampu meningkatkan angka konsumsi ikan di Sukoharjo yang masih rendah,” ujarnya.

Bagas juga berharap dengan penebaran benih ikan tersebut kedepannya dapat meningkatkan animo masyarakat untuk mencari ikan sehingga mampu mendongkrak angka konsumsi ikan masyarakat sekaligus meningkatkan kunjungan wisata ke Embung Pengantin. Disisi lain, untuk bantuan hibah sarana prasaran perikanan diberikan untuk delapan kelompok di lima kecamatan. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru