31.9 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Hadiri Pencanangan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Jawa Tengah di Desa Weru

SUKOHARJO – Pencanangan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 digelar di Lapangan Desa Ngreco Kecamatan Weru, Kamis (14/9/2023). Pencanangan dilakukan oleh Irdam IV/Diponegoro, Brigjen Yudi Pranoto dan juga Deputi Bidang Advokasi Pergerekan Informasi BKKBN, Sukaryo, Teguh Santoso.

Selain itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan segenap pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut hadir dalam pencanangan tersebut.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Program Bangga Kencana berkontribusi bukan hanya membatasi jumlah kelahiran namun meningkatkan kualitas manusia, diantaranya peningkatan gizi ibu dan anak, mutu tenaga kerja, produktivitas, tingkat pendidikan, kesehatan dan penurunan kemiskinan.

“Keberhasilan dalam Program Bangga Kencana tersebut bukan hanya merupakan keberhasilan pemerintah saja, akan tetapi merupakan keberhasilan seluruh komponen serta Kader KB yang ada, melalui program-program yang lintas instansi, bersifat koordinatif dan sinergitas. Termasuk didalamnya memerlukan peran dari Institusi TNI dan jajarannya,” ujarnya.

Menurutnya, selama TNI menjadi salah satu komponen serta mitra strategis dalam upaya masyarakat untuk ber-KB, dengan berbagai kegiatannya diantaranya: Penyuluhan masyarakat, konseling dan pendampingan calon akseptor, serta diwujudkan melalui kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan.

“Untuk itu marilah kita sukseskan kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2023. Melalui bakti sosial TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan, mari kita sukseskan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat yang sehat,” kata Bupati.

Sedangkan Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi, mengatakan TNI telah mengambil peran penting dalam penguatan program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting diantaranya melalui penggerakan yang dilakukan jajaran TNI hingga lini lapangan, sosialisasi langsung pada masyarakat, hingga penyiapan tenaga dan fasilitas kesehatan yang memadai untuk pelayanan keluarga berencana. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas, menyongsong Indonesia emas 2045.

“Tujuan kegiatan secara umum, meningkatkan komitmen dan partisipasi dari jajaran TNI dalam mendukung Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Sedangkan tujuan khusus, lanjutnya, meningkatkan komitmen pimpinan jajaran TNI di setiap tingkatan terhadap Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, meningkatkan capaian Bangga Kencana dan Penurunan Stunting melalui peran aktif jajaran TNI terutama yang ada di lini lapangan, memperkuat kerja sama antara jajaran TNI dengan OPD Pengelola Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting.

Selain itu, juga memperluas cakupan dukungan tenaga dan fasilitas kesehatan TNI dalam rangka mengakomodasi rujukan penanganan stunting di setiap tingkatan dan meningkatkan intervensi pada keluarga risiko stunting yang kurang mampu melalui Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting dari jajaran TNI. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru