22.5 C
Sukoharjo
Saturday, July 13, 2024

Bupati Pimpin Penyalurkan Cadangan Pangan Program Pencegahan Stunting

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memimpin penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah untuk penanganan kerawanan pangan dalam program pencegahan stunting. Penyaluran dimulai di Pendopo Kecamatan Gatak dimana setiap penerima mendapatkan 22 kilogram beras dan delapan butir telur, Selasa (5/12/2023).

Bupati mengatakan, penyaluran cadangan pangan pemerintah ini dilakukan untuk penanganan kerawanan pangan. Bantuan diberikan dalam program sasaran pencegahan stunting di Kabupaten Sukoharjo yang mendapatkan kuota 1.000 paket bantuan untuk 12 kecamatan.

Menurut Bupati, jumlah penerima bantuan di masing-masing kecamatan bervariasi. “Bantuan ini disalurkan kepada warga kurang mampu dengan sasaran pencegahan stunting,” ujarnya.

Bupati berharap bantuan tersebut dapatmemenuhi gizi keluarga sehingga mampu mencegah stunting. Bupati juga meminta kepada ibu-ibu untuk memasak sendiri makanan bergizi sehingga kebutuhan gizi keluarga dapat terpenuhi dan tidak lagi ada kasus stunting.

“Ibu harus masak sendiri sayur dan penuhi gizi keluarga apalagi yang punya anak kecil. Kurangi membeli dan mengonsumsi makanan instan,” lanjutnya.

Selama ini, ujarnya, Pemkab Sukoharjo sudah memberikan perhatian penuh atas penanganan stunting disemua wilayah. Program pencegahan dan penanganan stunting dilakukan dengan melibatkan pihak terkait. Selain itu,juga menggerakkan semua pihak untuk pencegahan dan penanganan kasus stunting.

“Semua sudah digerakan terkait kasus stunting. Baik untuk penurunan kasus stunting yang sudah ada maupun mencegah terjadinya kasus stunting baru. Salah satu peran penting tersebut dimulai dari keluarga,” lanjutnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, Iwan Setiyono menyampaikan, bantuan ini diberikan dengan sasaran warga kurang mampu dalam program pencegahan stunting. Penyaluran perdana bantuan dilakukan di pendapa kantor Kecamatan Gatak.

“Bantuan diberikan dengan menyasar warga yang memiliki kerawanan stunting. Penerima bantuan ini memiliki anak kecil dan diharapkan bantuan beras dan telur dapat memenuhi gizi keluarga,” ujarnya.

Menurutnya, khusus di Kecamatan Gatak ada 102 warga kurang mampu penerima bantuan. Selanjutnya, bantuan serupa juga akan disalurkan di kecamatan yang lain. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru