22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Bupati Pimpin Rakor Tindaklanjut Kunjungan Menteri Pertanian, Terkait Perluasan Lahan IP 400

SUKOHARJO – Pasca kunjungan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, ke Kabupaten Sukoharjo beberapa waktu lalu, Pemkab Sukoharjo menggelar rapat koordinasi sebagai tindaklanjut kunjungan tersebut. Pemkab Sukoharjo serius melakukan persiapan perluasan lahan Indeks Pertanaman (IP) 400, yakni tanam dan panen empat kali dalam satu tahun. Sukoharjo siap memperluas lahan IP 400 dari 2.088 hektar menjadi 5.000 hektar di tahun 2022 mendatang.

“Dalam kondisi lahan pertanian yang semakin berkurang saat ini, kita hanya dapat mensiasati dengan peningkatan jumlah luas tambah tanam melalui peningkatan indeks pertanaman,” jelas Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat memimpin Rakor Tindaklanjut Kunjungan Kerja Menteri Pertanian di Auditorium Gedung Menara Wijaya, Selasa (19/10/2021).

Dikatakan Bupati, dalam kunjungan Mentan tersebut, Kabupaten Sukoharjo dipercaya untuk menambah luas lahan IP 400 di tahun 2022 menjadi seluas 5.000 hektar. Mentan memberikan kepercayaan tersebut karena menilai Sukoharjo berhasil dalam melaksanakan IP 400 dengan luas 2.088 hektar tahun ini.

Bupati mengatakan, agar pelaksanaan IP 400 seluas 5.000 hektar tahun depan berhasil dengan baik, ada beberapa hal harus dipersiapkan. Yakni, semua Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) harus melaksanakan identifikasi lokasi di lahan yang sesuai untuk diusulkan menjadi IP 400. Adapun syarat lokasi untuk kegiatan IP 400 ini adalah lahan beririgasi teknis dengan ketersediaan air sepanjang tahun, sudah tanam tiga kali dalam setahun dan bukan daerah yang endemis organisme pengganggu tumbuhan (OPT).

“Kuncinya keberhasilan di air, mekanisasi dan penggunaan benih umur genjah. Para PPL juga wajib melakukan pengukuran kadar PA 7,65,” ujar Bupati.

Persiapan lain bagi kepala bidang terkait kegiatan IP 400 untuk mengkoordinasikan kecukupan sarana produksi dan sarana pendukung lainnya agar dapat mewujudkan keberhasilan IP 400. Selain itu, para camat diharapkan dukungannya untuk membantu dalam mengkondisikan kelompok tani pelaksana kegiatan untuk cermat dalam menentukan masa tanam dan melakukan percepatan olah tanah, tanam maupun panen agar target tanam dan panen empat kali dalam satu tahun tercapai.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno mengatakan, Pemkab Sukoharjo sangat serius merealisasikan target peningkatan luasan lahan IP 400 empat kali tanam empat kali panen padi menjadi 5.000 hektar. Menurutnya, semua menjadi tim untuk suksesnya IP 400 di Kabupaten Sukoharjo.

“Target tahun 2022 naik menjadi 5.000 hektar untuk IP 400 sehingga harus dipersiapkan dari sekarang,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru