22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Bupati Sukoharjo Serahkan PIP Jenjang SMP Tahun 2023

SUKOHARJO – Program Indonesia Pintar (PIP) jenjang SMP untuk Kabupaten Sukoharjo mulai diserahkan kepada siswa. Penyerahan PIP jenjang SMP negeri dan swasta dilakukan di Graha PGRI oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Kamis (23/2/2023).

“PIP adalah salah satu program yang dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah. Baik melalui jalur pendidikan formal mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA maupun pendidikan non formal seperti paket A hingga Paket C serta kursus terstandar,” papar Bupati.

“Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya,” lanjutnya.

Bupati mengatakan, melalui PIP diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan bagi peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Bantuan dana dari pemerintah ini dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku dan biaya transportasi.

“Pesan saya kepada seluruh penerima bantuan PIP, agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan. Dan kepada Kepala Sekolah saya menghimbau, agar memfasilitasi dengan sebaik-baiknya untuk proses pencairan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pencairan PIP ini bisa berjalan dengan lancar,” pesan Bupati.

Sementara itum Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Heru Indarjo, menyampaian bahwapenerima PIP jenjang SMP tersebar di 12 kecamatan di Sukoharjo. Tahun 2023 ini, Sukoharjo mendapat alokasi PIP jenjang SMP sebanyak 16.581 siswa.

“Setiap siswa akan mendapatkan dana Rp750 ribu setiap tahun. Kuota PIP SMP tahun 2023 ini dialokasikan Rp12,435 miliar,” ujar Heru. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru