21.2 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Bupati Terima Penghargaaan dari Kementerian Perdagangan, Terkait Perlindungan Konsumen

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menerima penghargaaan dari Kementerian Perdagangan. Penghargaan tersebut terkait dengan perlindungan konsumen. Kementerian memberikan penghargaan karena 15 pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo merupakan “Pasar Tertib Ukur”. Penghargaan diterima Bupati di Samarinda, Rabu (31/8/2022).

Terkait penghargaan teseebut, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Sukoharjo, Iwan Setiyono, menyampaikan bahwa selama ini Pemkab Sukoharjo berkomitmen untuk mewujudkan perlindungan terhadap konsumen. Pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya atas jaminan kebenaran hasil pengukuran sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

“Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Sukoharjo melalui UPTD Metrologi Legal secara rutin melaksanakan kegiatan tera dan tera ulang serta pengawasan metrologi legal,” papar Iwan, Kamis (1/9/2022).

Iwan mengatakan, kegiatan tera/tera ulang bertujuan untuk menjamin kebenaran hasil pengukuran alat ukur yang digunakan untuk kepentingan publik termasuk perdagangan. Dengan tera/tera ulang, alat ukur yang digunakan untuk transaksi dapat terjaga keakuratannya, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan baik pelaku usaha maupun konsumen.

Tahun ini, Kabupaten Sukoharjo memperoleh penghargaan Pasar Tertib Ukur sebanyak 15 Pasar yakni, Pasar Ir Soekarno Sukoharjo, Pasar Tanjungrejo Gatak, Pasar Grogol Grogol, Pasar Sraten Gatak, Pasar Cuplik Sukoharjo, Pasar Jamu Nguter Nguter, Pasar Telukan Grogol, Pasar Watukelir Weru, Pasar Tawangkuno Weru.

Kemudian Pasar Tawangsari Tawangsari, Pasar Mulur Bendosari, Pasar Kartasura Kartasura, Pasar Bekonang Mojolaban, Pasar Glondongan Polokarto, dan Pasar Bulu Bulu.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dalam acara “Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen” di Samarinda.

Terkait penghargaan tersebut, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersyukur atas apresiasi yang diberikan Kementerian Perdagangan. Bupati berharap penghargaan tersebut bisa memotivasi Pemkab Sukoharjo untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan Pasar Tertib Ukur dapat meningkatkan citra pasar rakyat melalui kebenaran hasil pengukuran, meningkatkan pemahaman pedagang/pemilik timbangan serta pengelola pasar dalam membangun kepercayaan masyarakat dalam hal perdagangan yang jujur dan adil,” kata Bupati.

Disisi lain, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengajak kepada seluruh pemilik Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) untuk secara rutin melakukan tera ulang setiap tahunnya. Dengan alat ukur yang akurat dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap pelaku usaha, sehingga usahanya dapat tumbuh berkembang. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru