25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Dicanangkan Bupati, Vaksinasi Anak Sukoharjo Resmi Dimulai

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo mencanangkan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Pencanangan vaksinasi anak dilakukan di SDN Gayam 1 oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Selasa (21/12/2021). Pencanangan vaksinasi tersebut juga dihadiri oleh Sekda, Widodo, beserta sejumlah pejabat lainnya. Sasaran vaksinasi anak di Sukoharjo sendiri mencapai 76.270 anak.

“Sesuai rekomendasi pemerintah pusat, vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan, saat ini pandemi corona belum selesai. Meski kasus sudah melandai, masyarakat tetap harus waspada karena saat ini muncul ancaman corona varian baru, yakni Omicron yang sudah muncul di Indonesia.

Selama ini, lanjutnya, pemberian vaksinasi terus dilakukan untuk masyarakat. Secara umum, capaian vaksinasi corona di di Kabupaten Sukoharjo hingga 18 Desember 2021 mencapai 577.777 orang (80,27%). Sedangkan untuk kelompok usia lanjut mencapai 70.919 orang (70,24%). “Dengan capaian tersebut, Kabupaten Sukoharjo telah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun bersama 115 kabupaten/kota lain di Indonesia,” ujar Bupati.

Etik juga berpesan agar setelah vaksinasi tetap harus melaksanakan protokol kesehatan. Pasalnya, vaksinasi bukanlah senjata pamungkas untuk menyelesaikan pandemi corona.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan vaksinasi sendiri, selain dilakukan di sekolah juga akan dilakukan di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan juga klinik. Selain itu, ada juga yang akan dilakukan di sanggar maupun panti-panti.

“Untuk itu, Dinas Kesehatan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Kemenag, dan juga Dinas Sosial,” ujarnya

Yunia juga mengatakan, khusus vaksinasi di SDN Gayam 1 hari ini ada 150 anak yang akan diberikan vaksin. Yunia juga mengingatkan masyarakat untuk menyiapkan NIK anak dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK). (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru