22.5 C
Sukoharjo
Saturday, July 13, 2024

Hadiri Lomba Masak Ikan, Bupati: Upaya Dongkrak Angka Konsumsi Ikan di Sukoharjo

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menghadiri pelaksanaan Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten 2023 yang digelar Dinas Pertanian dan Perikanan di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Selasa (28/11/2023). Lomba tersebut bertujuan untuk mendongkrak angka konsumsi ikan masyarakat.

Bupati mengapresiasi pelaksanaan lomba masak ikan tersebut. Pasalnya, kegiatan tersebut dalam upaya memasyarakatkan gemar makan ikan (gemarikan). Lomba masak ikan sebagai ajang bagi anggota TP PKK selaku penggerak kegiatan masyarakat dalam berkreasi menciptakan menu olahan ikan yang enak, bervariasi, dan menarik disajikan.

“Budaya makan ikan bagi masyarakat perlu terus digalakkan karena kandungan gizi ikan yang sangat tinggi, baik untuk kesehatan, serta baik pula untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak-anak,” ujar Bupati Etik.

Bupati juga mengatakan, lomba masak ikan tersebut menggunakan bahan dasar ikan patin dengan tema “Ragam Menu Ikan untuk Mewujudkan Generasi Sehat, Kuat dan Cerdas”. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendukung percepatan peningkatan angka konsumsi ikan dan penganekaragaman olahan berbahan baku ikan di Sukoharjo. Juga, untuk membantu menurunkan angka stunting,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini, ujar Bupati, diharapkan dapat tercipta berbagai menu ikan (tidak hanya digoreng/dibakar/dipepes), dengan variasi menu olahan ikan yang semakin beragam diharapkan dapat meningkatkan selera masyarakat dalam mengkonsumsi ikan.

“Selain itu melalui lomba ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam menyebarluaskan menu olahan ikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bupati juga berharap kegiatan dapat mendorong peningkatan angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo serta dapat mendorong masyarakat untuk lebih gemar makan ikan, sehingga gizi masyarakat dapat tercukupi dan masyarakat Kabupaten Sukoharjo menjadi masyarakat yang sehat dan anak-anak balita terhindar dari masalah stunting.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan lomba tersebut merupakan salah satu upaya sosialisasi dan memasyarakatkan ikan kepada masyarakat dengan harapan angka konsumsi ikan di Sukoharjo naik.

Dengan peserta ibu-ibu dari TP PKK kecamatan maupun desa, diharapkan aneka menu masakan ikan yang ada disebarkan kepada masyarakat. Dengan beragamnya menu masakan ikan diharapkan masyarakat khususnya anak-anak lebih tertarik untuk makan ikan.

“Lomba ini diikuti 24 kelompok yang terdiri dari TP PKK tingkat kecamatan maupun desa,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru