22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Bupati Launching Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meluncurkan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Kabupaten 2023. Peluncuran kompetisi yang diadakan oleh Bagian Organisasi Setda tersebut dilakukan di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Senin (27/11/2023).

Bupati menyampaikan, pelayanan publik adalah tujuan akhir dari reformasi birokrasi. Dengan inovasi pelayanan publik, persepsi masyarakat tentang pelayanan yang berbelit akan berubah. Perubahan sistem pelayanan yang semakin modern menempatkan masyarakat sebagai subjek dan prioritas.

“Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan langkah strategis untuk menjaring inovasi pelayanan yang dilahirkan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Menurutnya, pembinaan inovasi pelayanan publik tidak berhenti pada kegiatan kompetisi untuk penciptaan inovasi, namun juga meliputi pengembangan inovasi melalui transfer pengetahuan atau replikasi, serta pelembagaan inovasi agar berkelanjutan. Dengan demikian, tujuan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka mendorong capaian reformasi birokrasi dapat segera terpenuhi.

KIPP 2023 ini mengusung tema: “Inovasi Pelayanan Publik untuk Mewujudkan Sukoharjo Unggul, Sejahtera dan Berkeadilan”. “Kompetisi ini diselenggarakan dalam rangka sebagai upaya membudayakan inovasi, menumbuhkan semangat berkompetisi secara positif dan mendorong percepatan pencapaian target nasional Sustainable Development Goals (SDGs) Sukoharjo serta meningkatkan partisipasi Kabupaten Sukoharjo pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Tingkat Nasional yang dilaksanakan secara berkala setiap tahun,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan, secara berturut-turut selama 2 tahun ini Sukoharjo telah berhasil meraih Penghargaan Top 45 KIPP dari Menteri PANRB, yaitu di tahun 2022 melalui inovasi Gerakan Literasi Sukoharjo (GELIS) yang diprakarsai oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan yang terbaru tanggal 21 November 2023 kemarin, melalui inovasi gerakan Semangat Bangun Desa melalui Program Kampung Iklim (Sembada Proklim) yang diprakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Sedangkan Kabag Organisasi Setda Sukoharjo, Joko Purwanto, mengatakan maksud dari KIPP di Lingkungan Pemkab Sukoahrjo adalah untuk mendorong kompetisi positif antar penyelenggara pelayanan publik dalam peningkatan kualitas pelayanan dan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat. KIPP bertujuan unnuk mendorong terciptanya inovasi pelayanan publik dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

“Selain itu juga nantinya menggunakan inovasi pelayanan yang terpilih sebagai bahan untuk transfer pengetahuan/replikasi inovasi pelayanan publik. Peserta KIPP adalah seluruh Perangkat Daerah, Unit Pelaksana Teknis Perangkat Daerah dan BUMD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru