21.8 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

Kelurahan Sonorejo Bersih Dusun Sekaligus Launching “Gemah Ripah Sonorejo”

SUKOHARJO – Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo menggelar bersih dusun dengan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Slamet Darmo Carito, SM, Ki Sukarni Mudo Carito, dan Ki Kesit Kurniawan, Kamis (20/10/2022) malam. Dalam acara tersebut sekaligus dilakukan peluncuran “Gemah Ripah Sonorejo”. Acara dihadiri oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, bahwa bersih dusun merupakan sebuah upacara adat, yang memiliki makna yang sangat besar bagi kita semua, selain sebagai bentuk ungkapan syukur kita kepada Allah SWT, bersih dusun merupakan perwujudan rasa solidaritas dan kegotong royongan antar sesama warga masyarakat.

“Kegiatan positif semacam ini perlu terus dijaga dan dilestarikan dimasa yang akan datang, agar rasa kebersamaan dan kegotong royongan antar warga masyarakat yang selama ini sudah terbentuk dapat terus terjaga dan terpelihara,” ujar Bupati.

Menurutnya, tradisi bersih dusun sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, yang merupakan bentuk kecintaan terhadap tanah leluhur, kecintaan pada tanah kelahiran, kecintaan terhadap desa dan lingkungannya. Sehingga, dalam usaha menyelamatkan desa dan lingkungannya perlu adanya kegiatan–kegiatan positif yang bertujuan untuk menghindarkan diri dari segala macam gangguan maupun bencana agar desa ini benar–benar memberikan kenyamanan, kedamaian dan ketentraman lahir maupun batin.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kagiatan dab berharap, dengan kegiatan bersih dusun ini dapat memupuk rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan, antar warga masyarakat, untuk bersama-sama membangun Kabupaten Sukoharjo menuju Sukoharjo Yang Lebih Makmur lagi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilaksanakan Launching Gemah Ripah Sonorejo. Gemah Ripah Sonorejo adalah sebuah program dari Pemerintah Kelurahan Sonorejo dengan optimalisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat, yang hasilnya pengelolaan sampah dipergunakan untuk menanggulangi stunting di wilayah Kelurahan Sonorejo.

“Saya harap dengan adanya program Launching Gemah Ripah ini, dapat meningkatkan pengelolaan sampah secara optimal karena bisa menjadi sumber pendapatan daerah/desa sekaligus sebagai wujud pemberdayaan masyarakat dalam rangka mendukung Program Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam penurunan stunting,” tambah Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru