26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

KPS Masdulkabi Desa Menuran Nominasi Lomba Tingkat Nasional, Bupati Sambut Tim Penilai Tahap II

SUKOHARJO – Komunitas Peduli Sungai (KPS) Masyarakat Peduli Kali Baki (Masdulkabi) Desa Menuran Kecamatan Baki masuk nominasi nasional dalam Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan. KPS Masdulkabi diajukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Penilaian tahap II sendiri dilakukan pada Rabu (30/8/2023).

Kedatangan tim penilai sendiri disambut langsung Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan Ketua DPRD Wawan Pribadi di KPS Masdulkabi Desa Menuran. Tim penilai sendiri melakukan verifikasi lapangan dengan mendatangi KPS Masdulkabi.

Bupati mengatakan, selama ini berbagai upaya telah dilakukan dalam menjaga kelestarian dan ekosistem keseimbangan air, langkah kongkrit yang dapat ditempuh untuk mengatasi efek negatif yang akan terjadi pada lingkungan sungai diantaranya adalah dengan melakukan penanaman pohon serta menjaga kebersihan dan kelestarian sungai.

“Menjaga lingkungan sungai tidak dapat dijaga hanya oleh pemerintah saja, namun harus ada kepedulian dan kesadaran dari masyarakat untuk mengelola dan melestarikan sungai didaerahnya,” kata Bupati.

Menurutnya, keberadaan KPS Masdulkabi sangat positif karena merupakam bentuk kepedulian masyarakat Sukoharjo memelihara ekosistem sungai.

“Saya berharap melalui lomba ini akan memotivasi KPS Masdulkabi dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat, tentunya hasil evaluasi nanti saya berharap akan dapat mengantarkan KPS Masdulkabi menjadi Juara Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan KPS Tingkat Nasional Tahun 2023,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, KPS Masdulkabi Desa Menuran juga memotivasi desa lain dalam upaya melestarikan lingkungan sungai. Pasalnya, jika dikelola dengan baik bisa mendatangkan pendapaatan bagi desa dan juga masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kepala BBWSBS, Maryadi Utama mengatakan, saat ini BBWSBS membina sebanyak 95 KPS di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kondisi perkembangan KPS setiap tahun selalu dilakukan evaluasi. Hal ini dilakukan untuk melihat keaktifan KPS dalam pengelolaan organisasi dan kegiatan dalam rangka pelestarian lingkungan.

BBWSBS pada tahun 2023 ini memiliki KPS Masdulkabi Desa Menuran, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo maju lomba KPS. Bahkan, KPS Masdulkabi Desa berhasil masuk sebagai nominasi tingkat nasional dan memasuki penilaian Tahap II.

“BBWSBS mengapresiasi semua komponen di Masdulkabi dan masyarakat di Desa Menuran dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya sungai,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru